nusabali

Wagub Bali Tanam Terumbu Karang di Tulamben

  • www.nusabali.com-wagub-bali-tanam-terumbu-karang-di-tulamben

AMLAPURA, NusaBali
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati alias Cok Ace memimpin penanaman 200 bibit terumbu karang di Objek Wisata Tulamben, Banjar/Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Karangasem, Minggu (6/6).

Acara ini digelar Pengprov POSSI (Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia) Bali bekerja sama dengan AKKII (Asosiasi Koral Kerang dan Ikan Hias Indonesia) Bali, KPKHN (Kelompok Pembudidaya Kerang Hias Nusantara) Bali, Power Bali, Organisasi Pemandu Selam Tulamben, Perkumpulan Penyelam Profesional Bali, dan PT Bank BPD Bali.

Ketua Pengprov POSSI Bali, Mayor Laut Bagus Parta Wijaya menjelaskan, bibit terumbu karang itu bantuan dari KPKHN sebanyak 100 bibit dan AKKII sebanyak 100 bibit. Dikemas dalam 10 paket (substrat) berbentuk hexagonal. Tiap paket berisi 20 bibit terumbu karang. Rumah terumbu karang yang telah berisi bibit terumbu karang dilepas melibatkan 20 penyelam. Secara simbolis, Wagub Cok Ace mengikat bibit terumbu karang di rangka rumah terumbu karang dan diserahkan ke penyelam. Mayor Laut Bagus Parta Wijaya mengatakan, penanaman terumbu karang tak hanya untuk kepentingan olahraga bahari, juga mendukung tourism dan pelestarian terumbu karang.

Wagub Cok Ace mengapresiasi kegiatan penanaman terumbu karang yang merupakan kebangkitan dari wisata bahari. Apalagi Objek Wisata Tulamben merupakan 10 besar terbaik di dunia. “Penanaman bibit terumbu karang sangat baik saat sepi kunjungan sehingga terumbu karang bisa berkembang karena sepi aktivitas menyelam,” jelas Wagub Cok Ace. Wagub Cok Ace berjanji dalam waktu dekat berkoordinasi dengan Bupati Karangasem I Gede Dana agar menenggelamkan kapal untuk objek wisata menyelam yang baru. Ketua Panitia Suyanto Nawawi mengatakan, Objek Wisata Tulamben jadi tempat menanam terumbu karang karena telah dikenal wisatawan asing sebagai objek wisata menyelam. “Di samping untuk melestarikan terumbu karang, juga memperluas sasaran wisata menyelam,” katanya. *k16

Komentar