nusabali

Terdampak Jalan Tol, 4 Desa Tunggu Kepastian

  • www.nusabali.com-terdampak-jalan-tol-4-desa-tunggu-kepastian

TABANAN, NusaBali
Empat Desa di Kecamatan Kerambitan, Tabanan, akan terdampak Proyek Jalan Tol Mengwi - Gilimanuk yang dirancang Pemerintah Pusat.

Namun sampai sekarang, pembahasan proyek tersebut baru tahap Amdal (analisis dampak lingkungan). Warga empat desa kini menunggu kepastian karena terkait dampak proyek. Empat Desa di Kecamatan Kerambitan yang terdampak jalan tol itu yakni Desa Sembung Gede, Batuaji, Kesiut dan Timpag. Meski terdampak, belum ada gejolak masyarakat muncul terkait rencana  proyek tersebut. Camat Kerambitan I Gusti Made Darma Ariantha mengatakan proses pembangunan jalan tol Gilimanuk - Mengwi yang melintasi Tabanan belum ada pembahasan lanjutan. Namun informasi dari Pemprov Bali, sosialiasi segera dilakukan kepada desa terdampak. "Jadi, kami masih menunggu pembahasan lebih lanjut," ujarnya, Minggu (6/6).

Menurutnya, titik koordinat yang akan dilalui proyek ini belum pasti. Sesuai informasi, awalnya ada rumah warga yang terdampak. Hanya saja itu belum pasti. "Kalau mengenai titik koordinat ini memang belum pasti, karena untuk membangun jalan tol ini bisa berubah-ubah," imbuhnya. Kata Gusti Ariantha, segala proses yang melibatkan masyarakat harus disesuaikan dengan perjanjian awal.

"Harapan masyarakat agar sesuai janji dari pemerintah. Jadi bukan ganti rugi, tapi ganti untung apalagi di situasi saat ini. Itu harapan masyarakat,” harapnya.

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPRPKP) Tabanan I Gede Partana mengatakan untuk sekarang belum ada kelanjutan terkait tol Gilimanuk - Mengwi. "Perkembangan lebih lanjut belum ada, baru dipembahasan Amdal," ujar Gede Partana.

Kata Gede Partana, sosialisasi terkait pembangunan tol ini sudah sampai di perbekel dan camat. Seperti diketahui, di Tabanan untuk pembangunan tol Gilimanuk - Mengwi ada 19 desa terdampak. 19 desa tersebut yakni Desa Timpag, Sembung Gede dan Batuaji Kecamatan Kerambitan. Desa Riang Gede, Wanasari, Buahan di  Kecamatan Tabanan. Desa Tegal Jadi, Marga Dauh Puri, Marga, Selanbawak di Kecamatan Marga. Desa Selabih, Lalanglinggah, Lumbung, Bengkel Sari, Antosari di Kecamatan Selemadeg Barat. Desa Bajera Utara, Selemadeg di Kecamatan Selemadeg. Desa Megati dan Gadungan di Kecamatan Selemadeg Timur. *des

Komentar