nusabali

24 ODS Rumah Berdaya Denpasar Terima Vaksin Sinovac Dosis Kedua

  • www.nusabali.com-24-ods-rumah-berdaya-denpasar-terima-vaksin-sinovac-dosis-kedua

DENPASAR, NusaBali.com – Setelah menjalani vaksinasi Covid-19 dosis pertama pada 8 Mei 2021, sebanyak 24  ODS (Orang Dengan Skizofrenia) kembali mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis kedua pada Minggu (6/6/2021).

Pemberian dosis kedua vaksin Sinovac yang dilaksanakan di Rumah Bisabilitas, Jalan Kamboja nomor 4 Denpasar  juga dihadiri oleh Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar, dan Kabid Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kota Denpasar.



Selain melakukan vaksinasi kepada para ODS Rumah Berdaya, beberapa komunitas penyandang disabilitas yakni Puspadi Bali, Gerkatin, Bali Deaf Community, dan Pertuni terlihat dalam kegiatan yang dilangsungkan sejak pukul 08.00 Wita ini.

Pelaksanaan vaksinasi tahap kedua ini sendiri dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kota Denpasar melalui Puskesmas 1 Denpasar Utara.   “Vaksinasi yang diberikan merupakan lanjutan dari vaksinasi tahap pertama yang sudah diberikan sebelumnya,” kata Pengelola Rumah Berdaya Denpasar, I Nyoman Sudiasa, 46.

Sebelumnya pada pemberian vaksinasi dosis pertama dilangsungkan di Rumah Berdaya Denpasar di Jalan Raya Sesetan Denpasar. “Kami tidak ada persiapan khusus, cuma hanya memastikan tidak ada gejala efek samping pada waktu vaksinasi yang pertama,” ujar Kadek Githa Garsani Rini,  salah seorang pendamping di Rumah Berdaya.

Githa Garsani menambahkan para ODS yang ada di Rumah Berdaya telah biasa menerima suntikan  ketika berobat, sehingga tidak diperlukan adaptasi ketika menerima suntikan vaksinasi Covid-19. Dalam proses pendaftaran para ODS Rumah Berdaya yang sudah menerima vaksin pada tahap pertama harus dipastikan dapat menerima kembali vaksin dosis kedua.

“Bagi ODS yang sudah mandiri datang sendiri ke tempat vaksinasi, tetapi beberapa ODS dilayani dengan menjemput mereka menggunakan kendaraan dinas yang dimiliki oleh Rumah Berdaya Denpasar,” lanjut alumnus Program Studi Psikologi Universitas Udayana  tahun 2017 ini.   

Beberapa ODS yang didampingi di Rumah Berdaya diakuinya tidak semuanya mengikuti vaksinasi Covid-19 yang dikoordinasi Rumah Berdaya. Beberapa telah mengikuti proses vaksinasi di lingkungan atau banjar tempat tinggal mereka masing-masing.

Sebelumnya Kepala Dinas kesehatan Kota Denpasar, dr Luh Putu Sri Armini,  menyebutkan bahwa seluruh lapisan masyarakat termasuk Orang Dengan Skizofrenia(ODS) berhak mendapatkan vaksinasi Covid-19.

“Pelaksanaan vaksin ini guna menjangkau vaksinasi Covid-19 kepada seluruh lapisan masyarakat. Mereka berhak mendapatkan vaksinasi dan harapannya tentu agar mereka sebagai bagian masyarakat Denpasar terhindar dari Covid-19 dan terus dapat dipantau kesehatannya secara aman,” terangnya.  *adi

Komentar