nusabali

Bupati Sanjaya Rancang Perumahan ASN dan Guru

  • www.nusabali.com-bupati-sanjaya-rancang-perumahan-asn-dan-guru

Semewah atau seindah apa pun rumah yang kita sewa, pasti tetap lebih indah rumah kita sendiri.

TABANAN, NusaBali

Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya merencanakan program pembangunan perumahan khusus untuk ASN dan guru di Tabanan. Program ini dirancang sesuai visi/misi Sad Kerthi Loka Bali Pola Pembangunan Semesta Berencana di bidang sandang, pangan, dan papan khususnya papan.

Guna merancang program tersebut, Bupati berencana akan mengundang pengurus REI (Real Estat Indonesia) Provinsi Bali untuk membahas rencana program tersebut. Pembangunan perumahan bagi kalangan ASN dan guru ini diprediksi dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat sekitar, utamanya pedagang bahan bangunan dan lainnya.

Bupati Sanjaya mengatakan, jika memungkinkan sesuai aturan dan kesepakatan, Pemkab Tabanan dersama REI Provinsi Bali akan memfasilitasi program perumahan ASN dan guru ini. Bupati mengaku, program ini sejalan dengan visi/misi Sad Kertih Loka Bali di bidang sandang, pangan, dan papan. ‘’Saya sudah sering katakan, semewah atau seindah apa pun rumah yang kita sewa, pasti tetap lebih indah rumah kita sendiri. Meskipun tipe kecil,” ungkapnya Jumat (5/6), saat menghadiri peresmian perumahan Polri di Desa Samsam, Kecamatan Kerambitan.

Menurut Bupati Sanjaya, Tabanan sebagai daerah penyangga ibu kota di Bali sangat berpotensi untuk pengembangan perumahan. Terlebih lagi wilayah Kabupaten Tabanan punya banyak prospek ke depan dan sangat menjanjikan, karena akan dibangun jalan tol. Selain itu, tentunya akan meningkatkan PAD Tabanan juga. “Kemudian ketika nanti dibangun perumahan juga akan berdampak bagi pendapatan di sekitarnya baik itu pedagangnya dan lain sebagainya,” tandasnya.

Ketua DPD REI Provinsi Bali I Gede Suardita menyatakan, REI berkomitmen untuk membangun perumahan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Pembangunan perumahan untuk Polri dan PNS Polri ini sudah menjadi percontohan untuk program pengembangan perumahan selanjutnya.

Kedepan, kata Sudiarta, REI Bali bersama Pemkab Tabanan akan programkan perumahan untuk ASN dan guru di Tabanan. "Kami sangat menyambut baik terkait apa yang menjadi rencana Bapak Bupati Tabanan. Rencana ini segera akan kami bahas, seperti apa bentuknya,” kata dia.

Jelas sia, di Tabanan, target kedepannya adalah pembangunan di atas 1.000 unit perumahan ASN dan guru sehingga nantinya menjadi kawasan terintegrasi. "Artinya, hunian ini tidak terpecah, berada dalam satu kawasan saja. Ini bisa menjadi kota baru," kata Suardita.*des

Komentar