nusabali

Quartararo Raih Pole Lima Kali Beruntun

Kualifikasi MotoGP Catalunya

  • www.nusabali.com-quartararo-raih-pole-lima-kali-beruntun

BARCELONA, NusaBali
Fabio Quartararo meraih pole position untuk kelima kalinya secara beruntun musim ini sejak balapan di Portimao.

Quartararo tampil tercepat di babak kualifikasi MotoGP Catalunya, di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol, Sabtu (5/6). Quartararo tampil dominan sejak FP4 dan memanfaatkan kecepatan motor Yamaha M1 dengan mencetak waktu 1:38,853 untuk merebut posisi start terdepan di Montmelo.

Rider tim Ducati Jack Miller, meski terjatuh di akhir sesi kualifikasi, mengamankan posisi start kedua dengan selisih 0,037 detik dari Quartararo. Hasil tersebut cukup melegakan bagi pebalap Australia itu setelah sebelumnya dia harus melewati Q1 terlebih dulu,

Pebalap tim Pramac Racing Johann Zarco membawa Ducati kedua melengkapi baris terdepan di P3. Lalu Miguel Oliveira menikmati sasis baru KTM dan akan start dari P4 di depan dua rider Yamaha Franco Morbidelli dan Maverick Vinales. Aleix Espargaro meneruskan tren positif Aprilia dan akan start dari baris ketiga di depan pebalap KTM Brad Binder dan pebalap Ducati Francesco Bagnaia.

Valentino Rossi, yang langsung ke Q2 berkat finis sepuluh besar di sesi latihan bebas, terjatuh di Tikungan 4. Tak ingin kehilangan waktu berharga, the Doctor langsung kembali ke garasi dan menggunakan motor cadangan untuk meneruskan kualifikasi, namun gagal memperbaiki catatan waktunya dan bakal start di belakang Joan Mir di P11.

Pol Espargaro juga terjatuh tak lama setelah Miller mencium aspal di akhir sesi. Sang pebalap tim Repsol Honda finis terakhir di Q2. Marc Marquez gagal lolos Q1 dan akan start di belakang rekan satu timnya tersebut di P13.

Sirkuit Catalunya tahun ini sedikit didesain ulang di Tikungan 10, yakni tikungan terakhir yang patah menjelang lintasan lurus utama itu. Saat ini tikungan tersebut menggunakan layout lebih mengalir.

Tiba di Catalunya, Quartararo memiliki keunggulan 24 poin atas kompatriot Johann Zarco menyusul. kemenangan pebalap Yamaha di Italia. Rider Prancis itu ingin mengulangi kesuksesan tahun lalu di Montmelo.

Bagnaia melorot ke peringkat tiga klasemen setelah terjatuh di Mugello. Dia unggul tipis dari rekan satu timnya, Jack Miller. Rookie Jorge Martin kembali membalap akhir pekan ini setelah absen karena pemulihan cedera pascakecelakaan di Portimao. *ant

Komentar