nusabali

Kegiatan Serupa Diharap Digelar secara Berkala

PDIP Klungkung Gelar Lomba Cerdas Cermat Susastra Bali

  • www.nusabali.com-kegiatan-serupa-diharap-digelar-secara-berkala

SEMARAPURA, NusaBali
Jajaran DPC PDIP Kabupaten Klungkung menggelar acara final Lomba Cerdas Cermat (LCC) Susastra Bali, di Sekretariat DPC PDIP Klungkung, Sabtu (5/6).

Lomba ini serangkaian Bulan Bung Karno dan menutup HUT PDIP. Pemenang LCC Susastra Bali di masing-masing tingkat, SDN, SMP, SMA/SMK akan mewakili Klungkung ke lomba serupa tingkat provinsi.

Pada babak final ini diikuti oleh 3 regu dari masing-masing tingkat yakni SD, SMP, dan SMA/SMK. Para kontestan yang bertanding pada babak final tersebut merupakan regu-regu yang telah lolos tahap penyisihan pada lomba yang diselenggarakan pada Jumat (4/6). Peserta masing-masing tingkat sebanyak 9 regu.

Adapun regu yang bertarung pada babak final, pada tingkat SD, yakni SDN 1 Takmung, SDN 1 Semarapura Tengah, dan SDN 1 Kamasan. Pada babak final tingkat SD, pemenangnya berturut-turut adalah SDN 1 Kamasan (Jayanti I), SDN 1 Semarapura Tengah (Jayanti II), dan SDN 1 Takmung (Jayanti III).

Pada babak final tingkat SMP diikuti SMPN 2 Semarapura, SMPN 1 Semarapura, dan SMPN 3 Nusa Penida. Pemenangnya berturut-turut adalah SMPN 2 Semarapura (Jayanti I), SMPN 1 Semarapura (Jayanti II), dan SMPN 3 Nusa Penida (Jayanti III).

Pada babak final tingkat SMA/SMK diikuti oleh SMAN 2 Semarapura, SMA Pariwisata Saraswati, dan SMKN 1 Klungkung. Lomba dimenangkan oleh SMA Pariwisata Saraswati (Jayanti I), SMAN 2 Semarapura (Jayanti II), dan SMKN 1 Klungkung (Jayanti III).

Acara ini dibuka dan ditutup oleh Ketua DPC PDIP Klungkung Anak Agung Gde Anom SH, yang juga Ketua DPRD Klungkung. “Dengan diadakan lomba ini, kita sebagai partai wong cilik bisa bersama dengan siswa dan siswi, serta generasi muda yang ada saat ini, bersama mengharumkan, menjaga, mengajegkan, dan memperkenalkan susastra Bali, adat istiadat Bali, bahasa, dan aksara Bali yang kita miliki sebagai umat Hindu Bali agar tetap ajeg walaupun di era 4.0 saat ini,” ujar Agung Anom.

Koordinator LCC Susastra Bali Ni Wayan Sukarmi menyampaikan bahwa juara I pada tiap tingkat SD, SMP, maupun SMA akan mendapatkan tiket sebagai wakil Klungkung, bertanding pada LCC Susastra Bali yang akan diselenggarakan oleh DPD PDIP Provinsi Bali. “Bagi para pemenang pada final lomba kali ini akan mendapatkan sertifikat, piala, dan uang pembinaan,” ujar Sukarmi yang juga Sekretaris PAC PDIP Kecamatan Dawan.

Koordinator Penyuluhan Bahasa Bali Kabupaten Klungkung I Wayan Arta Diptha, yang hadir pada lomba ini menyampaikan bahwa lomba ini sangat baik diselenggarakan di era sekarang. “Pemuda-pemudi kita sudah jarang menggunakan Bahasa Bali. Lomba ini dapat melatih para siswa dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Bali,” kata Diptha.

Tidak hanya itu, Diptha menyampaikan harapannya kepada PDIP, semoga bahasa dan sastra Bali dapat tetap ajeg dan kegiatan seperti ini diselenggarakan secara berkala. *wan

Komentar