nusabali

Regu DPC PDIP 'Dipecundangi' Fraksi dan PAC

Cerdas Cermat Bahasa Bali Regu Senior DPC PDIP Jembrana

  • www.nusabali.com-regu-dpc-pdip-dipecundangi-fraksi-dan-pac

NEGARA, NusaBali
Serangkaian HUT ke-48 PDIP dan Bulan Bung Karno, DPC PDIP Jembrana menggelar Utsawa Widya Tarka Susastra Bali (Lomba Cerdas Cermat Bahasa Bali) jenjang SD, SMP dan SMA, Jumat (4/6) dan Sabtu (5/6).

Menariknya, setelah acara final lomba di Kantor DPC PDIP Jembrana, Sabtu kemarin, juga digelar lomba cerdas cermat bahasa Bali dengan melibatkan jajaran pengurus serta anggota Fraksi PDIP DPRD Jembrana.

Ada tiga (3) Regu yang bertanding dalam lomba cerdas cermat bahasa Bali kelas senior ini. Regu A yang merupakan regu pengurus PAC diikuti oleh I Gede Putu Suegardana Cita (Ketua PAC PDIP Mendoyo), I Ketut Suastika (Ketua PAC PDIP Melaya) dan I Dewa Putu Wiratnadi (Ketua PAC PDIP Jembrana). Kemudian Regu B yang merupakan regu pengurus DPC diikuti oleh I Made Kembang Hartawan (Ketua DPC PDIP Jembrana), Ni Made Sri Sutharmi (Sekretaris DPC PDIP Jembrana), dan I Made Sarka (Wakil Bendahara DPC PDIP Jembrana).

Sedangkan Regu C yang merupakan regu fraksi, diikuti oleh I Nyoman Dadab Sudiasa, Ni Ketut Muliasih, dan Ida Ayu Putu Mona Windayanti. Lomba cerdas cermat bahasa Bali kelas senior ini berlangsung cukup seru dan penuh canda tawa. Masing-masing regu pun berusaha saling mengejar skor. Alahasil, dari 4 sesi lomba tersebut, Regu B yang merupakan regu pengurus DPC menjadi regu yang mendapat poin terkecil. Juara pertama berhasil diraih Regu C yang merupakan regu Fraksi PDIP DPRD Jembrana berhasil menjadi juara pertama dengan mengumpulkan 1.150 poin. Kemudian juara kedua diraih Regu A yang merupakan regu pengurus PAC dengan mengumpulkan 1.125 poin. Sedangkan Regu B (DPC) hanya mengumpulkan 850 poin.

Ketua DPC PDIP Jembrana, I Made Kembang Hartawan mengatakan diadakannya Utsawa Widya Tarka Susastra Bali (lomba cerdas cermat bahasa Bali) ini merupakan salah satu upaya PDIP dalam mengimplementasikan Tri Sakti ajaran Bung Karno. Khususnya berkepribadian di bidang budaya. "Kita harus bangga dengan budaya kita. Budaya lokal kita di Bali dengan bahasa Bali. Ini bentuk upaya kerja nyata PDIP untuk mewujudkan ide cita-cita Bung Karno," ujarnya.

Kembang mengatakan, Bung Karno mengajarkan kepada penerus bangsa ini agar bangga dengan budaya sendiri. Bagaimana orang Bali dapat bangga dengan budaya di Bali. Begitu juga orang Jawa dan lainnya bangga dengan budaya di daerah masing-masing. "Harapan kami, anak-anak kita bangga dengan budaya kita. Budaya-budaya lokal ini adalah kekayaan kita di Indonesia. Wajib kita lestarikan," ucapnya.

Untuk diketahui, dalam lomba cerdas cermat bahasa Bali jenjang SD, SMP dan SMA yang digelar DPC PDIP Jembrana, diikuti sebanyak 25 regu yang terdiri dari 7 regu SD, 9 regu SMP, dan 9 regu SMA. Regu di masing-masing tingkat pendidikan itu sebelumnya telah diadu pada, Jumat (5/6) dan dipilih 3 regu terbaik yang kembali diadu untuk memperebutkan gelar juara (final) pada, Sabtu kemarin.

Sesuai hasil final lomba kemarin, juara satu jenjang SD berhasil diraih regu SDN 1 Baler Bale Agung, Desa Baler Bale Agung, Kecamatan Negara. Disusul juara dua adalah regu SDN 4 Pendem, Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana, dan juara tiga diraih regu SDN 4 Pekutatan, Desa/Kecamatan Pekutatan.

Kemudian untuk jenjang SMP, juara satu diraih regu SMPN 1 Mendoyo,  disusul regu SMPN 2 Negara (juara dua), dan regu SMPN 3 Negara (juara tiga). Sedangkan juara pada jenjang SMA, masing-masing diraih regu SMAN 2 Negara (juara satu), regu SMAN 1 Negara (juara dua), dan regu SMAN 1 Mendoyo (juara tiga). Masing-masing regu yang berhasil menjadi juara itu diberikan hadiah uang dan piala. Khusus regu yang berhasil meraih juara satu dalam tiap jenjang, akan diadu dengan para jawara dari kabupaten/kota lainnya di Bali dalam Utsawa Widya Tarka Susastra Bali yang akan diadakan DPD PDIP Bali.

Seperti diberitakan sebelumnya DPC PDIP Kabupaten/Kota se-Bali kompak menggelar Utsawa Widya Tarka Susastra Bali (Lomba Cerdas Cermat Bahasa Bali), Jumat (4/6) dan Sabtu (5/6). Kegiatan Lomba Cerdas Cermat Bahasa Bali Tingkat Kabupaten/Kota ini dilaksanakan di Kantor Sekretariat DPC PDIP masing-masing. Kegiatan serangkaian HUT ke-48 PDIP dan Bulan Bung Karno ini digelar sebagai upaya melestarikan dan membangkitkan budaya Bali. Lomba Cerdas Cermat Bahasa Bali ini dilaksanakan selama dua hari dengan melibatkan siswa jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK.

Babak penyisihan dilaksanakan, Jumat (5/6) sementara babak final akan dilangsungkan Sabtu (6/3) ini. Nantinya, jawara masing-masing kabupaten/kota untuk semua jenjang akan diadu dalam Utsawa Widya Tarka Susastra Bali yang bakal digelar DPD PDIP Bali, 31 Juni 2021 mendatang. *ode

Komentar