nusabali

Tingkatkan Kualitas Layanan Publik, Walikota dan Ombudsman RI Tandatangani Nota Kesepakatan

  • www.nusabali.com-tingkatkan-kualitas-layanan-publik-walikota-dan-ombudsman-ri-tandatangani-nota-kesepakatan

DENPASAR, NusaBali
Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara melakukan penandatanganan komitmen peningkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik bersama Ombudsman RI (ORI) di Inna Bali Heritage Hotel, Jumat (4/6).

Nota kesepakatan tersebut sebagai pedoman untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di lingkungan Pemkot Denpasar, melalui pencegahan maladministrasi dan percepatan penyelesaian laporan/pengaduan masyarakat.

“Ini merupakan komitmen bersama di dalam peningkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik di Kota Denpasar, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Walikota Jaya Negara.

Walikota Jaya Negara menyambut baik kerjasama yang terjalin ini, sehingga ke depannya dapat mencegah hal-hal yang berisiko terhadap pelayanan publik dan pengaduan masyarakat. Kerjasama ini diharap dapat memberikan manfaat seluas-luasnya kepada masyarakat Kota Denpasar.

“Dengan kerjasama yang terjalin dapat mempercepat penyelesaian terhadap pengaduan masyarakat, sehingga apa yang menjadi masalah masyarakat dapat terselesaikan dengan cepat,” ujarnya.

Anggota ORI Dr Johanes Widijantoro SH MH mengatakan Ombudsman adalah lembaga negara yang mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik, baik yang diselenggarakan oleh penyelenggara negara dan pemerintahan termasuk yang diselenggarakan oleh BUMN, BUMD, Badan Hukum Milik Negara, serta swasta atau perseorangan.

“Ciri utama Ombudsman dibandingkan lembaga pengaduan negara lainnya adalah terkait kecepatan dalam menyelesaikan laporan. Saat ini semua lembaga sedang melakukan pembenahan dalam birokrasi agar bisa memberikan pelayanan yang lebih responsif, Ombudsman sudah terlebih dahulu menerapkan hal ini dan harapannya prestasi Ombudsman Bali dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan,” kata Widijantoro.

Kepala ORI Perwakilan Bali Umar Ibnu Alkhatab mengatakan kerjasama di dalam memaksimalkan pelayanan publik serta tindak lanjut berbagai persoalan maupun keluhan masyarakat telah berjalan baik. Kerjasama yang telah dilaksanakan selama ini diharapkan terus ditingkatkan. *mis

Komentar