nusabali

Pendaftaran 'Teruna-Teruni Bali 2021' Dibuka, Pemenang Dijadikan Duta Wisata Bali Tingkat Nasional

  • www.nusabali.com-pendaftaran-teruna-teruni-bali-2021-dibuka-pemenang-dijadikan-duta-wisata-bali-tingkat-nasional

DENPASAR, NusaBali.com - Pendaftaran peserta  ‘Teruna-Teruni Bali 2021’ sudah dibuka sejak 1 Juni 2021.

Sebagai ajang pageant, event ini sangat menarik karena para pemenang akan diplot menjadi Duta Wisata Bali di tingkat nasional.

Ajang pageant yang digagas oleh anggota DPD Ri Dapil Bali, Arya Wedakarna, pendaftaran masih akan dibuka hingga  30 Juni 2021. “Teruna-Teruni Bali 2021 menjadi peluang bagus bagi para pemuda-pemudi Bali untuk mengasah softskill yang dimiliki,” kata Putu Sartika Sukmadewi,  staf bidang hukum anggota DPD RI, Jumat (4/6/2021).

Acara ini terbuka untuk umum,  dengan persyaratan usia 16 hingga 25 tahun per tahun 2021, melampirkan 1 lembar foto close up dan 1 lembar foto full body berukuran 4R latar belakang putih dengan berbusana kaos putih, jeans dan sepatu, tidak sedang menjabat atau kontrak dengan kontes yang serupa.

Sejauh ini karena pendaftarannya baru dibuka, baru terdata tiga peserta. “Nanti alurnya itu para calon peserta mengambil formulir pendaftaran dulu di Kantor DPD RI Provinsi Bali di Jalan Cok Agung Tresna 74, Renon, Denpasar, setelah itu kemudian diisi dan dilengkapi persyaratan lain contohnya foto,” ungkap Sukmadewi.

Sukmadewi menyebutkan untuk target jumlah peserta pada seleksi Teruna-Teruni Bali berjumlah 100 peserta,  terdiri dari 50 peserta putri, dan 50 peserta putra. Mereka akan diseleksi pada 1 Juli 2021, selanjutnya pengumuman finalis akan dilaksanakan pada 4 Juli 2021. Setelah itu ada malam budaya pada tanggal 10 Juli 2021, karantina finalis pada 17 – 19 Juli 2021, dan grand final akan diadakan pada 20 Juli 2021.

“Kami berharap nanti akan ada perwakilan dari setiap masing-masing kabupaten di Bali, karena jika memenuhi target, peserta akan diseleksi kembali hingga menjadi 8 pasang saja,” jelas Sukmadewi.

Acara seleksi Teruna-Teruni Bali 2021 ini, bertujuan untuk menumbuhkan minat, motivasi dan inovasi pemuda-pemudi Bali dalam memperdalam potensi wisata di Bali, dan bagaimana cara mengangkat kembali pariwisata yang sudah redup dikarenakan masa pandemi. “Jadi ada kaitannya dengan momen rencana akan dibukanya pariwisata Bali untuk internasional bulan depan, maka dari itu ajang ini kami gunakan sebagai media promosi pariwisata yang ada di Bali guna membangkitkan pariwisata Bali yang sudah lama redup ini,” kata Sukmadewi.

Sukmadewi pun berharap agar para pemuda-pemudi Bali tergerak untuk berpartisipasi di ajang ini, karena jika lolos tahap seleksi akan berpeluang untuk menjadi Duta Wisata Bali di tingkat nasional. “Selain itu banyak pengalaman berharga yang didapat oleh para peserta dalam ajang ini, dan mengasah soft skill yang nantinya akan berguna di masa mendatang,” ungkapnya.

Acara Teruna-Teruni Bali ini di dukung oleh DPD RI, MPR RI, DPRD Bali, Duta Wisata Indonesia, The Soekarno Center, dan The Asean Bali Entrepreneur Center. *rma

Komentar