nusabali

Petugas Damkar Evakuasi Ular Kobra

  • www.nusabali.com-petugas-damkar-evakuasi-ular-kobra

AMLAPURA, NusaBali
Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Karangasem mengevakuasi ular kobra sepanjang 2,5 meter di Lingkungan Kertasari, Kelurahan Padangkerta, Kecamatan Karangasem, Rabu (2/6) sekitar pukul 17.58 Wita.

Ular kobra masuk ke rumah Dewa Gede Ariana dan sembunyi di kap bangunan. Petugas Damkar juga mengevakuasi kucing yang nyemplung ke sumur di Lingkungan Jasri Kelod, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem, Kamis (3/6) pukul 08.03 Wita.

Desak Wahyuni, 27, menjelaskan ular kobra masuk rumah melalui dapur, Selasa (1/6). Saat itu, suaminya Dewa Gede Ariana bersama tetangga sempat melakukan pencarian namun tak menemukan ular berbisa itu. Ternyata Desak Wahyuni melihat ular berbisa itu sembunyi di antara kap dan reng rumah yang belum ada penutup plafon. Sore itu langsung menghubungi petugas Damkar yang bertugas di Pos Pemadam Kebakaran Karangasem, Terminal Subagan, Jalan Gunung Agung.

Laporan diterima petugas jaga I Wayan Eka Putra. Sebanyak 5 petugas mendatangi lokasi dipimpin Danru II I Komang Triadi Mertawan. Petugas Damkar hanya berbekal karung plastik dan tongkat. Petugas kemudian mengganggu ular kobra agar keluar dari sarangnya. Setelah terlihat kepala dan lehernya, petugas Damkar langsung menindih dengan tongkat. Setelah ditangkap lalu dimasukkan ke karung plastik dan dilepasliarkan ke habitatnya yang jauh dari pemukiman. “Saya termasuk telat melaporkan kejadian itu, ternyata ular kobra sepanjang 2,5 meter sempat bermalam di rumah saya,” kata Desak Wahyuni.

Desa Wahyuni mengaku bersyukur tidak terjadi apa-apa selama ular kobra bersarang di plafon rumahnya. Danru II, I Komang Triadi Mertawan menyarankan agar segera minta bantuan jika melihat binatang berbisa masuk rumah. Sementara petugas Damkar lainnya mengevakuasi kucing masuk sumur di rumah Luh Sri, 60, di Lingkungan Jasri Kelod, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem. Petugas turun ke sumur dengan tangga. *k16

Komentar