nusabali

196 Pekerja Migran Siap Berangkat

  • www.nusabali.com-196-pekerja-migran-siap-berangkat

GIANYAR, NusaBali
196 pekerja migran Indonesia (PMI) asal Gianyar siap berangkat ke luar negeri. Mereka setahun lebih sempat menganggur karena pandemi Covid-19.

Kepala Disnaker Gianyar Anak Agung Dalem Jagadhita menyebut Disnaker telah memfasilitasi seluruh dokumen keberangkatan PMI itu sehingga berstatus sebagai PMI sah. Selain 196 PMI sudah siap berangkat, masih ada PMI menunggu panggilan dari perusahaannya.

‘’Belum semua negara bisa memperkerjakan PMI. Karena perusahaannya masih buka-tutup, saat ini sebagian besar lapangan kerja di luar negeri ada di darat. Kalau di kapal pesiar, belum banyak buka," terang Jagadhita, Kamis (3/6).

Ditambahkan Jagadhita, PMI lain sekitar 1.500 warga Gianyar dipastikan juga siap-siap mengurus dokumen, bila negara tempat kerjanya sudah membuka PMI. "Mereka itu (PMI) sudah mencari informasi secara mandiri, sebagian belum mengurus dokumen, dikarenakan negara sebagai tempat kerjanya belum buka," tambahnya.

Peluang PMI untuk kembali bekerja sesuai kondisi Covid-19. Dengan 196 PMI sudah siap berangkat, maka ada harapan bagi PMI yang lain. "Kondisi di luar negeri masih stagnan, baru sekitar 32 negara membuka untuk PMI," jelasnya. *nvi

Komentar