nusabali

Jenazah Kalaksa BPBD Badung Diaben Sabtu

  • www.nusabali.com-jenazah-kalaksa-bpbd-badung-diaben-sabtu

MANGUPURA, NusaBali
Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Badung I Bagus Nyoman Wiranata, meninggal dunia, Selasa (1/6).

Almarhum yang merupakan kakak dari anggota DPRD Bali I Bagus Alit Sucipta (Gus Bota) ini didiagnosa mengalami serangan jantung. Rencananya jenazah almarhum akan diaben pada Saniscara Paing Merakih, Sabtu (5/6) mendatang.

Pantauan NusaBali di rumah duka di Banjar Negari, Lingkungan Uma Anyar Kaja, Kelurahan Sading, Kecamatan Mengwi, suasananya tidak terlalu ramai. Hanya ada keluarga dan kerabat yang sedang menyiapkan upakara untuk persiapan pelebon almarhum. Ipar almarhum, Putu Yunita Oktarini mengungkapkan, sehari-harinya Bagus Wiranata terlihat bugar karena rajin berolahraga. Namun, beberapa terakhir almarhum memang sempat mengeluh sesak.

Akan tetapi, almarhum memutuskan untuk berolahraga. Kemungkinan Bagus Wiranata mencoba ingin mengalihkan tidak enak badannya dengan mencari keringat. Sebelum meninggal almarhum sempat olahraga bersepeda dan sempat pulang ke rumah. Namun, sesaat setelahnya, almarhum mengeluhkan sakit pada bagian dada, sehingga harus dilarikan ke Rumah Sakit Surya Husada di wilayah Ubung, Denpasar.

“Di rumah sakit Bli Gusman-nya tidak sadarkan diri. Setelah dipompa, kakinya juga sempat ditepuk-tepuk ternyata tidak bisa tertolong. Karena beliau memang punya riwayat jantung,” tuturnya.

Istri Gus Bota itu menceritakan, almarhum merupakan sosok polos dan tak banyak bicara dalam keluarga. Kepergiannya yang mendadak seakan mengisyaratkan almarhum tidak pernah mau menyusahkan orang lain. “Kami sudah mengikhlaskan. Mungkin sudah jalannya beliau pergi,” katanya.

Dirinya menambahkan, saat dinyatakan meninggal, pihak keluarga bersama prajuru di banjar juga ikut rembug mencari hari baik untuk almarhum. Setelah mencari hari baik, dipastikan almarhum dipelebon pada Sabtu mendatang. Sehari sebelum pelebon, akan dilakukan prosesi nyiramang layon. “Kemarin jenazahnya sudah langsung dibawa pulang. Setelah itu rapat keluarga dan diputuskan untuk dipelebon,” kata Yunita.

Sebelumnya diberitakan, kabar duka menyelimuti jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Badung. Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Badung Bagus Nyoman Wiranata, meninggal dunia, Selasa (1/6). Kepergian Bagus Wiranata didiagnosa karena serangan jantung.

Informasi meninggalnya Kalaksa BPBD Badung dikabarkan pertama kali oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (SatPol PP) Badung I Gusti Agung Ketut Suryanegara di grup WhatsApp Badung Siaga Bencana, Selasa malam pukul 21.37 Wita. Dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Suryanegara mengatakan, dia pertama kali mendapat informasi tersebut dari anak buahnya yang kebetulan merupakan keponakan dari almarhum Bagus Wiranata.

“Informasi dari keponakannya, meninggal sekitar pukul 18.00 Wita. Sempat dilarikan ke rumah sakit. Sebelum itu, katanya sempat jatuh saat naik sepeda,” ujarnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Badung I Wayan Adi Arnawa, mengaku telah menerima informasi meninggalnya Kalaksa BPBD Badung. “Kami turut berbela sungkawa atas kepergian Bapak Bagus Nyoman Wiranata,” tutur Adi Arnawa. *ind

Komentar