nusabali

Pemain Dilarang Keluar Hotel

Jelang Indonesia vs Thailand, Kamis Besok

  • www.nusabali.com-pemain-dilarang-keluar-hotel

Saya katakan kepada pemain dan semua personel tim, bukan saya yang membuat aturan untuk tidak bisa keluar dari hotel, tapi ini aturan dari AFC. Mereka sangat ketat dengan aturannya. Itu untuk menjaga kondisi kesehatan dari para atlet dan semua orang yang menjadi peserta turnamen.

DUBAI, NusaBali

Pemain Timnas Indonesia tak bisa keluar hotel menjelang Kualifikasi Piala Dunia 2022, setelah Konfedeerasi Sepakbola Asia (AFC) menerapkan protokol kesehatan ketat dalam laga sentralisasi di Dubai, Uni Emira Arab. Timnas sendiri saat ini sudah menyelesaikan rangkaian Pemusatan Latihan (TC) dan dua laga uji coba. Lalu akan menjalani laga perdana melawan Thailand, Kamis (3/6) besok.

Pasukan Shin Tae-yong pun pindah dari Jebel Ali (JA) Hotels and Resort Beach ke Crowne Plaza Hotel, pada Minggu (30/5) sore waktu setempat. Selanjutnya, Timnas pun mulai menatap tiga laga Pra-Piala Dunia, yakni melawan Thailand, Vietnam, dan Uni Emirat Arab (UEA).

"Saya katakan kepada pemain dan semua personel tim, bukan saya yang membuat aturan untuk tidak bisa keluar dari hotel, tapi ini aturan dari AFC. Mereka sangat ketat dengan aturannya. Itu untuk menjaga kondisi kesehatan dari para atlet dan semua orang yang menjadi peserta turnamen," kata pelatih Timnas Shin Tae-yong, dalam rilis PSSI, Selasa (1/6).

"Area hotel itu termasuk, kamar, lobi, restoran, kolam renang dan fitness center. Selain itu tidak bisa. Mereka hanya melakukan latihan pemulihan kondisi dan stamina dengan gym di fitness center hotel. Itu pun dilakukan sore hari," kata pelatih asal Korsel itu.

Sementara Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri menjelaskan keseharian rombongan Timnas Indonesia selama menjalani prokes ketat di Dubai. Kebetulan Indonesia satu hotel bersama Timnas Thailand dan Timnas Malaysia yang juga anggota Grup G.

Menurut Indra Sjafri, Timnas tiba di hotel Crowne Plaza, Minggu sore, dan semua orang yang ada di tim ini langsung menjalani tes usap PCR. Setiap tim yang masuk hotel tidak bisa kemana-kemana, untuk hari pertama masuk hotel, setelah tes usap, semuanya masuk ke kamar masing-masing, makanan pun diantarkan ke kamar.

Memasuki hari kedua pada Senin (31/5), seluruh komponen tim, bisa keluar dari kamar menuju restoran untuk makan pagi. Setiap sebelum masuk ruangan, pemain, pelatih, dan ofisial tim di scan terlebih dulu dengan thermo gun.

Selanjutnya, Pasukan Garuda akan menghadapi laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 grup G, melawan Thailand pada Kamis (3/6), Vietnam pada Senin (7/6). dan UEA pada Jumat (11/6).

Kembali menghadapi Thailand menjadi Laga krusial bagis kedua tim, yang punya kepentingan berbeda. Thailand punya peluang melaju ke babak selanjutnya dengan tiga laga sisa. Sedangkan Timnas tak punya kepentingan apa pun dan menjadikan laga itu untuk memperbaiki peringkat di ranking FIFA.

Sejarah mencatat, pertemuan pertama Timnas melawan Thailand terjadi di Piala Merdeka 1957. Saat itu, Timnas menang 4-0 di Kuala Lumpur (31/8). Setelah itu, Timnas sering berjumpa Thailand, yakni 58 laga, dengan hasil Indonesia meraih 17 kemenangan, Thailand 30 kemenangan, dan 11 laga berakhir imbang.

Kemenangan tertinggi yang pernah diraih Timnas Indonesia atas Thailand terjadi pada Turnamen Hari Nasional Vietnam (30/10), yakni Timnas pesta gol 7-0 ke gawang Thailand. Namun Thailand membalas dengan skor serupa (7-0) atas Timnas di SEA Games 1985 di Bangkok (15/12/1985). *

Komentar