nusabali

Bikin Geram Shin Tae-yong, Nurhidayat Dipulangkan ke Tanah air

  • www.nusabali.com-bikin-geram-shin-tae-yong-nurhidayat-dipulangkan-ke-tanah-air

DUBAI, NusaBali.com – Dua hari menjelang laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Thailand, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong malah memulangkan bek Nurhidayat Haji Haris dari Dubai ke tanah air.

Kini Nurhidayat sudah berada di Jakarta dan menjalani karantina selama lima hari mengikuti protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.  "Pelatih Shin Tae-yong melaporkan kepada kami bahwa Nurhidayat telah melakukan indisipliner dan dirinya sudah tidak berkenan dengan sikap pemain tersebut," kata Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi, Rabu (2/6/2021).

Yunus memastikan bahwa PSSI mendukung penuh keputusan Shin atas pemain berusia 22 tahun tersebut. Pria asal Gorontalo tersebut menegaskan tidak ada pemain berkelakuan negatif yang berhak mengenakan seragam dengan Garuda di dada.

"Tentu tidak ada tempat di Timnas Indonesia untuk pemain yang melakukan tindakan indisipliner atau tidak baik. Jadi setiap pemain harus terus menunjukkan sikap yang baik, disiplin dan kerja keras," tutur Yunus.

Sementara itu hingga saat ini belum terkonfirmasi jenis pelanggaran indisipliner apa yang dilakukan Nurhidayat hingga membuat murka Shin Tae-yong. Namun asisten pelatih Nova Arianto tak menampik jika soal makanan menjadi persoalan.

“Salah satunya soal makanan,” kata Nova dikutip Viva. Konon, Nurhidayat diketahui makan atau ngemil mie instan yang disebut sebagai makanan yang pantang dilahap oleh pemain Timnas. Namun jenis pelanggaran indisipliner lainnya masih belum dikonfirmasi.

Sebelumnya Nurhidayat sudah mengikuti pemusatan latihan (TC) persiapan Kualifikasi Piala Dunia 2022 timnas Indonesia sejak 1 Mei 2021. Bahkan defender Bhayangkara FC ini  tampil di dua laga uji coba timnas di Dubai menghadapi Afghanistan dan Oman.

Shin Tae-yong sendiri dikenal sebagai pelatih yang sangat menjunjung tinggi kedisiplinan. Saat menangani timnas U-19 Indonesia, pria asal Korea Selatan itu pernah mencoret tiga pemain dalam dua kesempatan berbeda karena mereka dinilai tidak disiplin.

Pada November 2020, Shin memulangkan Serdy Ephy Fano dan Mochamad Yudha Febrian dari timnas U-19 karena baru kembali ke hotel dini hari sekitar pukul 03.00 WIB dan membuat beberapa pelanggaran lain.

Tiga bulan sebelum itu, tepatnya Agustus 2020, Shin juga mendepak Serdy Ephy Fano dan Ahmad Afhridrizal dari timnas U-19 karena terlambat mengikuti latihan. Pencoretan itu dilakukan Shin hanya beberapa jam sebelum skuad berangkat ke Kroasia untuk melanjutkan TC.

Timnas Indonesia akan menghadapi tiga laga pamungkas Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia pada 3-11 Juni 2021 di Dubai.

Skuad Garuda akan melawan Thailand pada 3 Juni 2021, lalu Vietnam pada 7 Juni 2021 dan Uni Emirat Arab pada 11 Juni 2021.

Di Dubai, Evan Dimas dan kawan-kawan sudah menjalani dua laga uji coba yakni kontra Afghanistan dan Oman dengan hasil selalu kalah masing-masing skor 2-3 dan 1-3. *ant

Komentar