nusabali

Bulan Bung Karno, Bupati Sanjaya Gaungkan Tri Sakti Bung Karno

  • www.nusabali.com-bulan-bung-karno-bupati-sanjaya-gaungkan-tri-sakti-bung-karno

TABANAN, NusaBali
Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya membuka Perayaan Bulan Bung Karno Kabupaten Tabanan 2021 dirangkaikan dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diselenggarakan di Gedung Kesenian I Ketut Maria Tabanan pada Selasa (1/6).

Perayaan tersebut ditandai dengan pemukulan gong. Dalam perayaan ini, Bupati Sanjaya gaungkan prinsip Tri Sakti Bung Karno.

Kegiatan yang dilakukan secara sederhana namun penuh makna tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan, Sekda Tabanan I Gede Susila, beserta OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan. Hadir juga Ketua DPRD I Made Dirga beserta beberapa anggotanya, Raja Tabanan Tjokorda Anglurah Tabanan hingga perwakilan Forkopimda, dan undangan lainnya.

Dasar hukum pelaksanaan kegiatan ini adalah Pergub Bali Nomor 19 Tahun 2019 tentang Bulan Bung Karno di Provinsi Bali, Peraturan Bupati Tabanan Nomor 25 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Bulan Bung Karno Kabupaten Tabanan. Bulan Bung Karno kali ini bertema ‘Implementasi Nilai-nilai Sad Kertih dengan prinsip Tri Sakti Bung Karno Menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul, dan Madani (AUM)’.

Bupati Sanjaya mengajak dalam momentum Bulan Bunga Karno ini seluruh lapisan masyarakat terutama di Tabanan harus melakukan gerakan nyata dalam kehidupan sehari-hari. Yakni membumikan prinsip Tri Sakti Bung Karno dan mengamalkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam ideologi Pancasila. Sehingga, sejarah bangsa ini tidak bisa dibelokkan ataupun digoyahkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung-jawab.

“Kita patut bersyukur dan berbangga pada Bung Karno karena beliau adalah salah satu penggali nilai-nilai Pancasila yang sampai saat ini relevansinya masih utuh, masih kita pertahankan, dan bangsa-bangsa besar pun meniru isi dari Pancasila yang dicetuskan oleh Bung Karno. Ini merupakan sejarah besar yang harus kita gaungkan dan harus kita laksanakan,” tegas Bupati Sanjaya.

Di samping itu, dia juga berharap agar prinsip Tri Sakti Bung Karno dan nilai-nilai luhur Pancasila merasuk ke seluruh masyarakat sampai di pelosok desa. Karena menurutnya, desa adalah basis dari sektor pembangunan Kabupaten Tabanan lima tahun ke depan. “Majunya pembangunan di desa adalah percepatan dari perwujudan visi misi Kabupaten Tabanan yang dilandasi prinsip Tri Sakti dan nilai-nilai luhur Pancasila,” tandas Bupati Sanjaya. *des

Komentar