nusabali

PDIP Karangasem Gelar Cerdas Cermat Bahasa Bali

  • www.nusabali.com-pdip-karangasem-gelar-cerdas-cermat-bahasa-bali

AMLAPURA, NusaBali
DPC PDIP Karangasem menggelar Lomba Cerdas Cermat Bahasa Bali Tingkat SD, SMP, SMA/SMK pada 4-5 Juni.

Lomba yang dikemas dalam Cerdas Cermat Utsawa Widya Tarka Susastra Bali 2021 ini digelar dalam rangkaian HUT ke-48 PDIP.

Menurut Ketua Panitia Lomba, Ni Kadek Sri Dewi Wahyuni, di Sekretariat DPC PDIP Karangasem Jalan Ahmad Yani Amlapura, Selasa (1/6), lomba ini digelar di Sekretariat DPC PDIP Karangasem. Babak penyisihan digelar, Jumat (4/6) untuk Tingkat SD mulai pukul 10.00 Wita, Tingkat SMP mulai pukul 11.00 Wita, dan SMA mulai pukul 14.00 Wita, Hal itu disepakati dalam pertemuan teknik dikoordinasikan

Hadir dalam pertemuan teknik kemarin, Koordinator Lomba Cerdas Cermat I Gede Parwata, Sekretaris Disdikpora Karangasem I Wayan Sarya, segenap panitia dan guru pembina dari SD, SMP dan SMA/SMK. Sri Dewi menyebutkan, dalam lomba nanti tiap tingkatan SD, SMP dan SMA masing-masing diikuti 9 regu, tiap regu beranggotakan 3 orang. "Babak penyisihan melahirkan tiga regu untuk tampil di final di tiap tingkatan. Final berlangsung, Sabtu (5/6) nanti," katanya.

Sri Dewi mengatakan, Lomba Cerdas Cermat Bahasa Bali ini untuk pertama kali digelar. Tujuannya untuk melestarikan budaya Bali di samping agar melahirkan siswa berprestasi bidang sastra Bali. Disebutkan pula, tiap tingkatan lomba disediakan 160 soal pilihan, yang terpakai di babak penyisihan sebanyak 140 soal, dan babak final sebanyak 40 soal. Dari jumlah soal itu ada 10 soal rebutan.

"Materi soalnya, tata kata, tata kalimat, anggah ungguh bahasa Bali, nyurat aksara Bali dan sebagainya," jelas Sri Dewi yang juga anggota DPRD Karangasem dari Fraksi PDIP ini. Sedangkan Koordinator Lomba I Gede Parwata mengingatkan setiap peserta sebelum berlomba agar tiba di lokasi satu jam sebelum acara dimulai. Sebab, nantinya ada rapid tes antigen untuk semua peserta. Sekretaris Disdikpora Karangasem, I Wayan Sarya mengapresiasi lomba digelar DPC PDIP Karangasem, sehingga hasilnya bisa digunakan untuk mengukur kualitas pendidikan di bidang bahasa Bali. *k16

Komentar