nusabali

Bupati Sanjaya Buka Kebun Binatang Pertama di Tabanan

  • www.nusabali.com-bupati-sanjaya-buka-kebun-binatang-pertama-di-tabanan

TABANAN, NusaBali
Kebun binatang pertama di Kabupaten Tabanan resmi beroperasi, setelah dibuka oleh Bupati I Komang Gede Sanjaya, Selasa (1/6) siang.

Kebun bintang bernama ‘Taman Satwa Tabanan Wildlife Park’ ini dibangun di atas lahan seluas 20 hektare di kawasan Banjar Tegeh, Desa Angseri, Kecamatan Baturiti.

Soft opening ‘Taman Satwa Tabanan (Tasta) Wildlife Park’ yang dilakukan bertepatan peringatan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2021, tersebut dihadiri Ketua DPRD Bali I Nyoman Adi Wiryatama, Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga, Sekda Kabupaten Tabanan I Gede Susila, dan sejumlah pimpinan OPD lingkungan Pemkab Tabanan.

Nyoman Adi Wiryatama, politisi senior PDIP yang memang berasal dari Banjar Tegeh, Desa Angseri adalah pemilik Kebun Binatang Tasta Wildlife Park tersebut. Adi Wiryatama menjelaskan, Kebun Binatang Tasta Wildlife Park miliknya ini berlokasi di dataran tinggi nan sejuk, dengan luas sekitar 20 hektare. "Taman Satwa Tabanan ini memiliki konsep back to nature, yaitu kembali ke alam," terang Adi Wiryatama.

Kebun bintang pertama di Tabanan ini memiliki beragam koleksi satwa dan tumbuhan yang dilestarikan. Menurut Adi Wiryatama, sejumlah satwa sudah lengkap ada di Tasta Wildlife Park ini. Untuk koleksi burung, misalnya, sudah ada 20 jenis. Selain itu, kebun binatang ini juga dilengkapi 4 ekor gajah, 2 ekor beruang, 3 orang hutan, 8 ekor awa, 4 ekor siamang, 2 ekor binturong, 7 ekor landak, 1 ekor komodo, 4 ekor buaya.

"Tak hanya sebagai kebun binatang, Tasta Wildlie Park ini juga dilengkapi dengan permainan adu adrenalin yang panjangnya 300 meter dan tinggi 15 meter di atas binatang buas. Jadi, cukup mengadu nyali,” tandas politisi senior yang juga Ketua Dewan Pertimbangan Daerah (Deperda) PDIP Bali ini.

Mantan Bupati Tabanan dua periode (2000-2005, 2005-2010) ini menambahkan, selain sudah dibuka untuk umum, Tasta Wildlife Park juga akan menggelar grand opening yang waktunya masih menunggu taman kunang-kunang selesai. Grand opening rencananya akan diresmikan oleh Presiden RI ke-5 (periode 2001-2004), Megawati Soekarnoputri.

Adi Wiryatama berharap dengan dibukanya kebun binatang pertama di Tabanan ini, kerja sama dari para pihak terkait dalam bidang pariwisata dapat terus ditingkatkan. "Sehingga keberadaan sektor pariwisata dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dalam rangka peningkatan pembangunan di Kabupaten Tabanan, menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul, dan Madani," harapayah dari mantan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti ini.

Sementara itu, Bupati IKG Sanjaya sangat mengapresiasi keberadaan objek wisata baru Tasta Wildlife Park, yang merupakan kebun binatang pertama di Tabanan ini. Menurut Bupati Sanjaya, kebun binatang ini bukan saja sebagai taman margasatwa, tetapi juga bisa jadi pusat edukasi bagi masyarakat khususnya dalam hal konservasi alam.

"Konsep Tasta Wildlife Park ini cukup kreatif. Selain sebagai kebun binatang, ini nantinya akan menjadi tempat edukasi bagi masyarakat," terang Bupati asal Banjar Dauhpala, Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan yang juga menjabat Ketua DPC PDIP Tabanan ini.

Bupati Sanjaya menyebutkan, dibukanya kebun binatang di tengah pandemi Covid-19 merupakan langkah berani. Untuk itu, Sanjaya berharap ke depan wisata konservasi satwa akan menjadi alternatif baru dalam kepariwisataan Bali.

Sanjaya juga berharap kebun binatang ini dapat memberikan dampak positif bagi generasi muda, khususnya dalam pelestarian flora dan fauna di Kabupaten Tabanan. "Saya juga berharap pelestarian flora dan fauna sekaligus menjadi ajang promosi di tingkat internasional,” papar Sanjaya saat memberikan sambutannya. *des

Komentar