nusabali

Tanaman Kaktus dan Sukulen Makin Populer di Masa Pandemi

  • www.nusabali.com-tanaman-kaktus-dan-sekulen-makin-populer-di-masa-pandemi

MANGUPURA, NusaBali.com – Tanaman kaktus dan sukulen makin digemari saat pandemi Covid-19.  Menyikapi trend ini, Bali Cactus and Secculent Community menggelar event ‘Ruang Kaktus dan Sukulen’ di Beachwalk Shopping Center, Kuta.

Lebih dari 30 peserta yang terdiri dari kolektor dan seller atau merk dagang mengikuti event yang diselenggarakan pada 28-30 Mei 2021. "Event ini bertujuan untuk lebih memperkenalkan tanaman kaktus dan sukulen kepada masyarakat umum," kata Arya Yuswaji, Ketua Pelaksana Ruang Kaktus dan Sukulen.

Pada event ini terdapat beberapa kegiatan yakni auction, contest, market, talkshow, exhibition, dan juga lucky draw. Sementara itu pada talkshow yang dilangsungkan Sabtu (29/5/2021) membahas basiccare bagi masyarakat awam yang ingin mengetahui bagaimana perawatan yang baik untuk kaktus dan sukulen.


Salah satu jenis kaktus yang ditampilkan adalah Lophophora Williamsii. Kaktus ini dinilai sangat istimewa karena keunikan bentuknya. Habitat kaktus jenis ini juga semakin berkurang karena potongan-potongan batangnya yang kering biasa digunakan oleh orang Indian sebagai obat dan upacara keagamaan.

Untuk harga kaktus dan sukulen pada event ini dibanderol antara Rp 20.000 hingga ratusan ribu rupiah. Penentuan harga tanaman yang lagi trending ini bergantung corak dari tanaman tersebut.  "Saat ini kaktus dan sukulen dijadikan sebagai souvenir dan dekorasi. Di Bali sendiri juga sudah mengarah untuk kebutuhan koleksi," jelas Arya. *wyn

Komentar