nusabali

Gepeng Kembali Menjamur di Kawasan Kuta

  • www.nusabali.com-gepeng-kembali-menjamur-di-kawasan-kuta

MANGUPURA, NusaBali
Para gelandangan dan pengemis (gepeng) kembali menjamur di Kecamatan Kuta.

Salah titik yang kerap jadi tempat mangkal para gepeng, yakni di Traffic Light (TL) Benoa Square, Jalan Bypass Ngurah Rai, Kedonganan, Kecamatan Kuta, Badung. Tak hanya orang dewasa, di antara mereka juga terdapat anak-anak.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Badung I Gusti Agung Ketut Suryanegara, mengatakan akan menindakan tegas para gepeng tersebut. “Memang laporan sudah mulai muncul lagi. Saat ini kami masih fokus di sidak duktang (penduduk pendatang). Namun tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat akan kita razia gepeng lagi,” kata Suryanegara beberapa waktu lalu.

Selain meminta-minta, ada juga gepeng yang merangkap berjualan tisu dan sejenisnya. Suryanegara pun berharap agar masyarakat atau pengendara tidak memberikan uang kepada gepeng tersebut. Hal ini semata untuk memberikan efek jera.

“Banyak modusnya, selain minta-minta, mereka juga membungkus aksi mereka dengan menjual tisu. Kemudian, sebagian besar yang beraksi itu anak-anak,” kata Suryanegara yang notabene mantan Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Badung itu.

Terkait gepeng yang kembali beraksi, Suryanegara menduga mereka adalah pemain lama yang sempat terjaring dalam operasi sebelumnya. Namun, untuk kepastiannya setelah dilakukan penindakan alias razia. Suryanegara juga menegaskan kalau ada pemain lama yang kembali terciduk, tak segan akan memberikan sanksi tegas.

“Persoalan gepeng ini tidak pernah habis. Hari ini kita tangkap dan pulangkan, besok justeru kembali muncul. Ini yang masih kita upayakan ke depannya agar mereka benar-benar hilang,” tandas Suryanegara. *dar

Komentar