nusabali

Lima Kapal Masuk Dok, Padangbai Sepi Penumpang

  • www.nusabali.com-lima-kapal-masuk-dok-padangbai-sepi-penumpang

AMLAPURA, NusaBali
Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan Kelas IV Padangbai, Banjar Melanting, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem mengoperasikan 26 kapal di Selat Lombok.

Dari 26 kapal, sebanyak lima unit masuk dok di Surabaya, Jawa Timur. Pasca Idul Fitri, jumlah penumpang di Pelabuhan Padangbai masih sepi, nyaris tidak pernah terjadi antrean. Kepala Jaga Kesyahbandaraan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Padangbai I Wayan Susanta mengatakan, 5 kapal masuk dok dan jadwal keberangkatan 21 kapal tidak berubah. Tiap trip 1,5 jam dari Pelabuhan Padangbai menuju Pelabuhan Lembar atau sebaliknya. Sebanyak 13 trip selama 24 jam secara bergantian. Shift I pukul 08.00 Wita-20.00 Wita sebanyak 7 kapal atau 7 trip dan shift II pukul 20.00 Wita-08.00 Wita. “Penumpang masih sepi,” ungkap Wayan Susanta. Bongkar muat di dua dermaga juga tidak ada kendala.

Sebelumnya tercatat 38 kapal dioperasikan di Selat Lombok. Namun ada 4 kapal pindah lintasan ke jalur Pelabuhan Gilimanuk menuju Pelabuhan Ketapang dan 8 kapal dari lintasan Pelabuhan Ketapang menuju Pelabuhan Lembar. Penyekatan penumpang tetap dilakukan secara berlapis mulai dari Pos Ketupat Agung Yehmalet, Desa Antiga Kelod, Pos Ketupat Agung depan Mapolsek Kawasan Laut Padangbai, dan Pos II Pelabuhan Padangbai.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Padangbai Kompol Made Suadnyana mengatakan, hanya beberapa penumpang tanpa hasil tes negatif Covid-19. Penumpang yang turun maupun yang akan berangkat wajib melengkapi diri dengan hasil tes negatif Covid-19. “Bagi penumpang yang akan menyeberang ke Pelabuhan Lembar telah disediakan tempat tes GeNose dan rapid test antigen di ruang tunggu,” katanya. Penyekatan penumpang berlaku hingga Senin (31/5), selanjutnya menunggu arahan pimpinan. *k16

Komentar