nusabali

Pemilih Baru di Tabanan Tambah 2.466 Orang

  • www.nusabali.com-pemilih-baru-di-tabanan-tambah-2466-orang

Tambahan jumlah pemilih baru terbanyak dari Kecamatan Kediri sebanyak 517 orang. Terendah di Kecamatan Selemadeg Barat, jumlah pemilih baru hanya 74 orang.

TABANAN, NusaBali

Jelang Pilkada 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan lakukan rekapitulasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan. Hasilnya sampai dengan akhir Mei 2021, pemilih baru bertambah sekitar 2.466 orang. Dengan adanya tambahan tersebut, total pemilih di Tabanan mencapai 365.279 orang dari pemilih tetap sebelumnya berjumlah 362.813 orang.

Ketua KPU Tabanan I Gede Putu Weda Subawa didampingi Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Tabanan I Ketut Sugina, mengatakan rekapitulasi pemutakhiran data dilakukan sesuai dengan petunjuk dari KPU RI dan amanat UU Pemilu. Tujuannya untuk memastikan data dan kesiapan dalam menghadapi hajatan pemilu. “Tujuannya agar siap menghadapi hajatan pemilu supaya data akurat dan tidak tercecer,” kata Weda Subawa, Kamis (27/5).

Dijelaskan hasil dari pemutakhiran data berkelanjutan yang sudah dilakukan sejak Januari 2021, ditemukan 2.466 pemilih baru. Sebagian besar mereka adalah pemilih pemula yang baru menginjak usia 17 tahun. Termasuk pula tambahan pemilih baru ini disumbang dari alih status atau pensiun dari TNI/Polri dan juga adanya pemilih yang pindah datang menjadi penduduk Tabanan. “Pemutakhiran data berkelanjutan ini kita lakukan tiap bulan, sehingga setiap bulannya itu bisa dipantau,” ucap Weda Subawa.

Weda Subawa menambahkan, dari data rekapitulasi pemilih berkelanjutan terbanyak peningkatan jumlah pemilih baru berada di Kecamatan Kediri sebanyak 517 pemilih, Kecamatan Baturiti 457 pemilih, dan Kecamatan Tabanan sebanyak 457 pemilih. Sementara terendah berada di Kecamatan Selemadeg Barat tambahan jumlah pemilih baru hanya 74 pemilih.

“Data jumlah pemilih pasti akan berubah dan diperbaharui seiring pertumbuhan jumlah penduduk, angka kematian penduduk, dan jumlah penduduk yang berusia 17 tahun,” tandasnya. *des

Komentar