nusabali

Gelar Pahlawan Nasional Raja Klungkung Segera Terwujud

Sudah Dibicarakan dalam Pertemuan Mensos Risma dan Gubernur Koster

  • www.nusabali.com-gelar-pahlawan-nasional-raja-klungkung-segera-terwujud

DENPASAR, NusaBali
Gubernur Bali Wayan Koster selangkah lagi sukses memperjuangkan gelar pahlawan nasional untuk Raja Klungkung Ida Dewa Agung Jambe, yang gugur dalam perang Puputan Klungkung, 28 April 1908.

Pasalnya, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini sudah memberikan isyarat gelar pahlawan nasional untuk Ida Dewa Agung Jambe segera terwujud.

Kabar gembira untuk masyarakat Bali dan Puri Agung Klungkung---tempat asal Ida Dewa Agung Jambe ni terkait gelar pahlawan untuk Eda Dewa Agung Jambe ini disampaikan Mensos Risma saat pertemuan empat mata dengan Gubernur Koster, di Rumah Jabatan Komplek Jaya Sabha Denpasar, Rabu (26/5) lalu. Dalam pertemuan itu, Risma membicarakan rencana pemberian gelar pahlawan, kemudian persyaratan, serta pengajuan berkas-berkas Ida Dewa Agung Jambe.

Menurut Risma, seluruh persyaratan sudah masuk di Kemensos. Saat ini, tim dari Kemensos sedang melakukan pengkajian untuk menentukan gelar pahlawan nasional tersebut. “Semoga tahun (10 November 2021, Red) Ida Dewa Agung Jambe sudah mendapatkan gelar pahlawan nasional dari pemerintah pusat,” papar Risma yang disambut bahagia Gubernur Koster.

Pengajuan gelar pahlawan nasional untuk Ida Dewa Agung Jambe itu berawal dari aspirasi yang disampaikan Pemkab Klungkung, keluarga besar Puri Agung Klungkung, hingga lapisan masyarakat Klungkung kepada Gubernur Koster. Intinya, Gubernur Koster diharapkan bisa mengkomunikasikan usulan gelar pahlawan nasional untuk Ida Dewa Agung Jambe ke pemerintah pusat.

Dari aspirasi itu, Gubernur Koster memohon doa dan restu kepada semua elemen masyarakat Bali agar perjuangan ini bisa berjalan lancar dan sukses. Bahkan, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Raja Puri Puri Agung Klungkung Ida Dalem Semaraputra sempat hadir ke Jaya Sabha Denpasar, untuk menyampaikan beberapa catatan sejarah heroik Ida Dewa Agung Jambe kepada Gubernur Koster.

Atas aspirasi tersebut, Gubernur Koster langsung melakukan persiapan untuk mengkomunikasikan usulan gelar pahlawan nasional ke pusat.

Secara niskala, Gubernur Koster sempat melakukan persembahyangan di Pura Dalem Dasar Bhuana, Desa Adat Gelgel, Kecamatan Klungkung untuk nunas ica agar perjuangan usulan gelar pahlawan nasional Ida Dewa Agung Jambe membuahkan hasil. Berdasarkan catatan sejarah yang dipelajari Gubernur Koster, Ida Dewa Agung Jambe sudah sepatutnya mendapatkan gelar pahlawan nasional.

"Karena beliau (Ida Dewa Agung Jambe) merupakan tokoh sentral pejuang perang Puputan Klungkung pada 28 April 1908 melawan agresi militer Belanda," kenang Gubernur Koster.

Gubernur Koster menegaskan, dengan jiwa raganya yang gagah berani, Ida Dewa Agung Jambe akhirnya gugur penuh luka dalam perang Puputan Klungkung. Semangat kepahlawanan Ida Dewa Agung Jambe, seperti rela berkorban tanpa pamrih, pantang mundur, berani menegakan kebenaran demi rakyatnya, harus menjadi spirit dan motivasi generasi penerus di Bali.

"Kita bersama harus menjadikan sikap heroik ini sebagai motivasi dalam mewujudkan visi ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali’ melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era baru,” terang Gubernur asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng yang juga Ketua DPD PDIP Bali ini. *nat

Komentar