nusabali

2021, Gianyar Nihil Rekrutmen CPNS/PPPK

  • www.nusabali.com-2021-gianyar-nihil-rekrutmen-cpnspppk

Dari ribuan formasi yang diberikan pusat, tidak boleh direkrut sebagian atau dikurangi.

GIANYAR, NusaBali

Tahun 2021, Pemkab Gianyar tidak merekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Peniadaan ini, salah satunya karena kendala keuangan pemerintah akibat dampak pandemi Covid-19. Kondisi ini berbalik dengan kebijakan Pemkab lain di Bali yang merekrut CPNS dab PPPK karena banyak PNSD pensiun.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Gianyar I Wayan Wirasa, di kantornya, Kamis (27/5).

Kata Wirasa, tahun ini Gianyar mendapatkan formasi dari Kemenpan RB untuk merekrut 1.256 pegawai baru. Jumlah ini terdiri dari 29 CPNS untuk posisi tenaga medis dan teknis, serta 1.227 PPPK untuk tenaga pengajar atau guru.

"Setelah formasi pusat turun, kami lapor ke Pak Sekda dan melakukan rapat dengan pihak terkait. Hasilnya, kami putuskan tahun ini tidak merekrut CPNS atau PPPK," ujar Wirasa.

Pejabat asal Desa Lebih ini mengaku sebetulnya sangat ingin ada perekrutan CPNS dan PPPK. Karena bisa membantu mengangkat posisi guru non PNS di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). "Tapi karena keadaan PAD (Pendapatan Asli Daerah) turun akibat Covid-19, Gianyar tidak bisa berbuat banyak. Kami harap para calon pelamar maklum," ujarnya.

Wirasa menambahkan, dari ribuan formasi PPPK dan CPNS yang diberikan pusat  tahun 2021, memerlukan anggaran Rp 24 miliar setahun. "Karena PPPK ini penghasilannya sama dengan PNS. Gajinya dari DAU (Dana Alokasi Khusus) memang dari pusat). Namun tunjangannya dari kabupaten. Bedanya, PPPK tidak dapat pensiunan," terangnya.

Apabila situasi normal, kata dia, rekrutmen pasti berjalan. "Kalau situasi normal, jalan semuanya. Dia mengaku, peniadaan rekrutmen ini akan berlangsung sampai situasi membaik. Lanjut Wirasa, dari ribuan formasi yang diberikan pusat, tidak boleh direkrut sebagian atau dikurangi. "Sehingga tidak bisa dilakukan. Padahal kami ingin sekali ada rekrutmen," jelasnya.

Meski rekrutmen CPNS dan PPPK ditunda, Wirasa berasumsi tidak memengaruhi jumlah pegawai maupun pelayanan publik di Gianyar. Berdasarkan data, jumlah PNS aktif 5.743 orang. Sedangkan, yang pensiun tahun 2020 lalu sebanyak 121 orang termasuk guru dan tenaga kesehatan.  *nvi

Komentar