nusabali

BPBD Gelar Simulasi Gempa di Sekretariat DPC PDIP

  • www.nusabali.com-bpbd-gelar-simulasi-gempa-di-sekretariat-dpc-pdip

GIANYAR, NusaBali
BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Gianyar bersama jajaran DPC PDIP Gianyar menggelar simulasi penanggulabgan bencana di Sekretariat DPC PDIP Gianyar, Jalan Banteng, Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Rabu (26/5).

Simulasi dengan skenario bencana gempa berkekuatan 8,3 SR Diskenariokan, gempa mengguncang wilayah Gianyar, Rabu (26/5) pagi sekitar pukul 09.32 Wita. Gedung Sekretariat DPC PDIP itu tak luput dari getaran. Gedung 3 lantai yang baru dibangun itu porak poranda. Puluhan kader partai yang sedang menggelar rapat internal panik lalu berhamburan keluar gedung sembari menutup kepala.

Beberapa kader diskenariokan mengalami luka-luka dan tertimpa material bangunan. Dengan sigap, TRC BPBD Gianyar, Tagana, dan PMI Gianyar mengevakuasi korban. Korban dilarikan ke rumah sakit terdekat. BPBD Gianyar membangun rumah sakit darurat.

Kepala BPBD Gianyar Ida Bagus Putu Suamba, mengatakan simulasi tersebut sesuai instruksi Gubernur Bali. Karena setiap tanggal 26 dicanangkan untuk kegiatan antisipasi bencana. "Semua institusi wajib mengadakan simulasi kesiap siagaan bencana," ujar Suamba.

Kata dia, dalam simulasi itu, pihak Sekretariat PDIP berkordinasi dengan BPBD Gianyar, untuk melaksanakam simulasi kesiapsiagaan bencana.

"Dalam simulasi ini dilakukan kiat-kiat menyelamatkan diri. Ada korban yang harus dievakuai, melibatkan BPBD, Tagana bentukan partai, Tagana dari dinas sosial, dari Rapi sebagai yang berkomunikasi dan dokumentasi," jelasnya.

Jelas Suamba, simulasi berjalan lancar. Setiap arahan BPBD dan pihak Sekretariat PDIP, hanya sekali action dengan hasil sempurna. "Karena semua peserta telah paham, maka hasilnya pun sempurna," ujarnya.

Kepala Sekretariat DPC PDIP Gianyar Made Sudiarta alias Kode, mengatakan kader yang mengikuti sangat antuias dan serius mengikuti simulasi ini. Kata dia, dengan kondisi geografis Indonesia, khususnya Bali, rawan terjadi bencana secara tiba-tiba. "Dari pihak partai dalam hal ini, ikut Baguna bentukan partai, simulasi ini juga kelanjutan instruksi dari DPP kami." jelasnya. *nvi

Komentar