nusabali

Nusa Penida Digenjot Jadi 'Sport Tourism'

  • www.nusabali.com-nusa-penida-digenjot-jadi-sport-tourism

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ketua Koni Klungkung I Wayan Subamia meninjau lokasi Lapangan Voli Pantai di Desa Jungutbatu, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Rabu (26/5).

Peninjauan ini untuk  menggenjot potensi sport tourism atau wisata olahraga, khususnya Voli Pantai di Desa Jungutbatu.  Kegiatan itu dihadiri Sekretaris Umum PBVSI Bali, I Ketut Supardanayasa, dan jajaran. Dia mengatakan lapangan itu akan digunakan oleh beberapa atlet provinsi dalam latihan terkait persiapan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021. Satu Lapangan Voli Pantai berstandar internasional dengan panjang 18 meter dan  lebar 9 meter.

Menurut Supardanayasa, apabila ingin menggelar turnamen atau kejuaraan Voli Pantai di Bali, maka daerah pesisir yang mendukung event tersebut adalah Desa Jungutbatu, Nusa Penida. "Setelah kamu menbsurvei lokasi di Jungutbatu, kedepan kami dari PBVSI Bali berencana akan menggelar event-event nasional maupun internasional di Desa Jungutbatu," katanya.

Salah seorang anggota PBVSI Provinsi Bali I Nyoman Sudiantarayana menyarankan untuk mengadakan event tingkat nasional maupun internasional pada cabang Voli Pantai, memerlukan minimal 4 lapangan berstandar internasional.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta akan segera menugaskan bagian aset Pemkab Klungkung untuk mendata tanah milik negara maupun tanah milik Pemkab Kungkung. Tanah tersebut untuk dapat digunakan membangun Lapangan Voli Pantai. "Kami akan lakukan ini (membuat Lapangan Voli Pantai,Red) serangkaian pemulihan pariwisata Provinsi Bali melalui sport tourism di Kecamatan Nusa Penida," ujarnya.

Kecamatan Nusa Penida, Klungkung memiliki pemandangan laut indah dan spot diving menawan hingga  terkenal ke mancanegara. Dengan potensi itu, maka Klungkung melalui kepulauan ini optimis menjadi lokasi kejuaraan olahraga selam berkonsep sport tourism. Sejumlah spot diving di Nusa Penida yakni di Lembongan Bay, Blue Corner, Manggrove, Ceningan Wall, Toya Pakeh Point, Gamat Bay, Manta point, Secret Manta, dan Batu Abah. Rencana spot tourism ini mencuat menyusul penambahan salah satu cabang olahraga (cabor) di Klungkung, yakni Cabor Selam. Cabor ikni dibawah Pengurus Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI). *wan

Komentar