nusabali

Puja Bakti Waisak di Vihara Amurva Bhumi Blahbatuh Dibatasi 100 Orang

  • www.nusabali.com-puja-bakti-waisak-di-vihara-amurva-bhumi-blahbatuh-dibatasi-100-orang

GIANYAR, NusaBali.com –  Setelah tahun lalu tidak menggelar perayaan hari raya Waisak, kali ini Vihara Amurva Bhumi Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, kembali mengadakan pada Rabu (26/5/2021).

Namun tidak akan ada perayaan khusus dan kemeriahan lainnya di masa pandemi ini. “Kami tidak mengadakan perayaan secara khusus, namun hanya mengadakan Puja Bakti yang diikuti terbatas 75-100 peserta,” kata Ketua Pengurus Vihara Amurva Bhumi Blahbatuh,  I Made Yudi Kayana, Selasa (25/5/2021).

Puja Bakti ini juga menjadi yang pertamakali setelah tahun lalu sama sekali tidak dilakukan kegiataan menyambut Waisak lantaran pandemi Covid-19 baru melanda Pulau Dewata. “Kegiatan kali ini pun kami lakukan dengan protokol kesehatan ketat,” ujar Yudi Kayana, 50.



Sementara itu kegiatan lain yang dilakukan pada Senin (24/5/2021), hanya bersih-bersih vihara menyambut Waisak. “Kalau sebelum pandemi, perayaan hari Waisak sangat meriah, mulai dari pemasangan lampion-lampion, dan jumlah peserta yang membludak dari dalam maupun luar kota. Namun sejak tahun lalu sangat jauh berbeda,” kata Kayana yang menjadi ketua sejak 2019 ini.

Pada saat sebelum pandemi, pihak vihara biasanya mengundang  tamu-tamu dari luar daerah, namun untuk tahun ini hanya memperbolehkan umat Kabupaten Gianyar saja dan dibatasi jumlah perwakilan yang datang.

Pihak vihara sendiri sudah menyiapkan tempat cuci tangan dan handsanitizer  plus spanduk-spanduk yang megingatkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus dan hal yang tidak diinginkan.

Kayana pun berharap agar pandemi segera berakhir, karena pihaknya merindukan suasanya hari raya di vihara pada saat situasi normal sebelum pandemi. “Semua sektor pasti ingin pandemi ini segera berakhir, begitu pun kami d isini, ingin rasanya merayakan hari raya dengan meriah dan dalam situasi normal kembali,” tutup Kayana.

Vihara Amurva Bhumi Blahbatuh yang beranggotakan 110 kepala keluarga berdiri sejak 2 Maret 1988 dan diresmikan oleh Bupati Gianyar pada saat itu Tjokorda Raka Dherana berada di Jalan Jalan Wisma Gajah Mada nomor 51, Kemenuh, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar.  *rma

Komentar