nusabali

Pohon Tumbang, Penatahan-Susut Macet Satu Jam

  • www.nusabali.com-pohon-tumbang-penatahan-susut-macet-satu-jam

Sebatang pohon buntenu, tumbang melintang di jalan raya jurusan Penatahan, menuju  Desa Susut, Kecamatan Susut, Bangli, Minggu (17/12) pukul 15.00 Wita.

BANGLI, NusaBali
Meski diameter pohon tidak lebih dari 40 sentimeter dan tingginya sekitar 5 meter, namun karena roboh melintang di jalan, menyebabkan jalur Penatahan-Susut sempat mogok selama satu jam.

Informasi yang dihimpun, kejadian bermula saat angin kencang yang memutar di sekitar lokasi disusul hujan lebat. Beberapa saat setelah itu, pohon yang tumbuh di sebelah utara jalan tumbang. “Ada mobil lewat nyaris tertimpa,” ujar seorang warga di lokasi.

Tidak hanya itu, pohon buntenu itu nyaris menimpa tembok panyengker sisi utara dari Pura Penataran Puseh dan Bale Agung Desa Pakraman Penatahan. “Untungnya ditahan kabel listrik dan pohon glodok di sebelahnya,” imbuh warga ini.

BPBD Bangli bersama Polsek Susut dan warga kemudian membersihkan dengan cara memotong pohon buntenu dan pohon glodok di sebelahnya. Sekitar satu jam, batang pohon yang menutup jalan menuju Susut dari Penatahan dengan melewati Dusun Juuk Bali, Manuk ini selesai dibersihkan, sehingga arus lalin kembali lancar. Kejadian tersebut juga sempat menyebabkan terputusnya jaringan listrik.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Bangli, I Ketut Agus Sutapa, menyatakan akibat pohon tumbang memang menyebabkan akses menuju Susut  sempat terputus. “Namun tidak lama. BPBD bersama Polsek Susut gotong royong membersihkan tadi,” ujar Agus Sutapa. * k17

Komentar