nusabali

Wisdom 'Penyelamat' Wisata Desa

'Paceklik' Wisman

  • www.nusabali.com-wisdom-penyelamat-wisata-desa

DENPASAR,NusaBali
Wisatawan domestik, baik lokal Bali maupun luar Bali menjadi 'penyelamat' wisata desa di saat paceklik wisatawan mancanegara (wisman) seperti sekarang ini.

Walau hanya memberi keramaian setiap akhir pekan atau weekend, namun cukup menghidupkan suasana wisata desa.

"Ya memang lumayan cukup membantu,"ujar I Wayan Sudiantara, pengelola DTW 'Rumah Desa' di Desa Wisata Baru, Kecamatan Marga, Tabanan.

Menurut Sudiantara,rata-rata sekitar 100 pengunjung yang bertandang ke DTW 'Rumah Desa' yang dikelolanya.

Umumnya wisdom tersebut rata-rata katagori wisatawan yang suka dengan suasana alam pedesaan yang segar.

"Selain menikmati sensasi kuliner tradisional maupun menu modern,namun dalam suasana pedesaan,"papar Sudiantara, Minggu(23/5).

Pengelola wisata desa mengaku tak ada 'resep' khusus untuk menarik pengunjung, kecuali memberi dan menjamin pengunjung merasa aman dan nyaman.

Menurutnya itulah salah satu pemantik "Apalagi di era medsos, kepuasan yang mereka unggah secara tak langsung menjadi promosi," ujar Sudiantara.

Selain memang trend 'wisata hijau' yang semakin digandrungi pelancong. Karena itulah DTW lain di sekitarnya juga memberi imbas peningkatan kunjungan wisata desa.

"Ada Jatiluwih, air panas angseri dan DTW kayu putih dan lainnya,"ujarnya. Semuanya kata Sudiantara, DTW bersuasana alam, yang menambah daya tarik. *k17

Komentar