nusabali

Berupaya Menyiapkan SDM Kompeten, SMK Penerbangan Cakra Nusantara Mendukung Peluncuran Satelit Satria

  • www.nusabali.com-berupaya-menyiapkan-sdm-kompeten-smk-penerbangan-cakra-nusantara-mendukung-peluncuran-satelit-satria

Denpasar, Nusabali.com
Indonesia telah membangun satelit terbesar di Asia, yakni Proyek Satelit Republik Indonesia (Satria). Proyek ini telah dikerjakan pada akhir 2019 oleh perusahaan satelit asal Prancis, Thales Alencia Space.

Satelit ini dibuat untuk mencukupi kebutuhan internet dan bisa menjangkau wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar). Satria direncanakan rampung dibangun pada 2022 dan siap dioperasikan tahun 2023.

SMK Penerbangan Cakra Nusantara yang saat ini telah ditetapkan sebagai SMK Pusat keunggulan sesuaiSK Dirjen Vokasi NO.22/D/O/2021 dan Sekolah Penggerak 2021 siap memfasilitasi Peserta Didik untuk menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) mendukung program pemerintah dalam proyek satelit Satria. Dengan mengikuti pendidikan pada Kompetensi Keahlian Teknik Transmisi dan Telekomunikasi di SMk Penerbangan Cakra Nusantara.

Program Keahlian Teknik Transmisi Telekomunikasi adalah Program Keahlian unggulan yang dimiliki SMK Penerbangan Cakra Nusantara, satu-satunya di Indonesia pada jenjang SMK. Demi meningkatkan keahlian taruna/i yang mengenyam pendidikan di Program Keahlian Teknik Transmisi Telekomunikasi, SMK Penerbangan Cakra Nusantara terus melakukan peningkatan kualitas dan fasilitas pendidikan.

Tahun 2020, peralatan Program Keahlian Teknik Transmisi Telekomunikasi semakin lengkap yakni Vsat Parabola, Fiber Striper / Gunting Kabel Optic 2 Hole, Fiber Optik Cleaver Optical FC, Pigtail/Pathcore, Fiber Cleaver Sumitomo FC-6s + Storage Box, MUGEN OPM MG3208 (Optical Power Meter) dan Paket Optical Fiber Splicer Fusion.

Made Sutawan S.Kom, selaku Kepala Program Keahlian Teknik Transmisi Telekomunikasi, menyampaikan, “Seluruh peralatan ini sangat efektif digunakan untuk pelaksanaan praktik di sekolah. SMK Penerbangan Cakra Nusantara merupakan SMK pertama di indonesia yang memiliki Program Keahlian Teknik Transmisi Telekomunikasi di jenjang SMK, jadi tidak usah diragukan lagi kelengkapan fasilitas yang dimiliki” ujarnya.

Semua alat kejuruan Program Keahlian Teknik Transmisi Telekomunikasi sudah sangat mendukung kualifikasi alumninya sesuai SKKNI dan kompetensi profesi dari BNSP.


Tidak hanya Program keahlian Teknik Transmisi Telekomunikasi, SMK Penerbangan Cakra Nusantara juga telah memiliki Laboratorium Digital Virtual Office penunjang praktik Program Keahlian Otomatisasi dan Tatakelola Perkanotran. Membudayakan alummi bekerja dengan teknologi perkantoran digital dan virtual sehingga alumni memiliki kompetensi lebih dan bisa memenangkan persaingan di dunia kerja atau pendidikan lanjutannya.

SMK Penerbangan Cakra Nusantara mencetak generasi berprestasi, meraih Akreditasi A Unggul, lulusan berdaya saing tinggi alumni SMK Penerbangan Cakra Nusantara mudah terserap. Memiliki mobil simulator pesawat pertama dan satu satunya di Indonesia, ruang belajar menyesuaikan dengan gaya belajar taruna-taruninya serta memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

LSP SMK Penerbangan Cakra Nusantaratelah resmi menjadi sebuah lembaga sertifikasi profesi dengan Lisensi Nomer: KEP.0078/BNSP/I/2020 dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi Republik Indonesia (BNSP).

Ayo segera dapatkan fasilitas pendidikan dan praktek di bidang penerbangan, kebandaraan dan kedirgantaraan dengan teknologi terupdate serta dapatkan beasiswa hingga jutaan rupiah sehingga terampil lebih cepat sukses lebih awal karena seluruh Taruna-taruni adalah Juara. Dengan 4 Kompetensi Keahlian yang bergerak di bidang penerbangan, kebandaraan dan kedirgantaraan diantaranya:  Airframe and Power Plant, Electrical Avionics, Teknik Transmisi dan Telekomunikasi (Penerbangan) dan Otomatisasi dan Tatakelola Perkantoran (Bandara).

Tunggu apa lagi? Mari bagi adik adik lulusan SMP tidak usah ragu lagi untuk bersekolah di SMK Penerbangan Cakra Nusantara terbukti dan faktanya terbukti tahun 2019 meraih Peringkat 2 SMK swasta Terbaik se Kota Denpasar, tahun pelajaran 2018/2019 SMK Penerbangan Cakra Nusantara menduduki peringkat ke 4 terbaik SMK dengan 97% Nilai UNBK diatas Rerata Provinsi Bali, yang meningkat dari tahun sebelumnya yakni peringkat ke 6 SMK dengan 84% Nilai UNBK diatas Rerata Provinsi Bali.

Ingin tahu lebih banyak tentang SMK Penerbangan Cakra Nusantara? Cek instagram kami di @smkpenerbanganbali, Facebook di SMK Penerbangan Cakra Nusantrara jangan lupa subscribe, like, share dan comment channel youtube kami di SMK Penerbangan Cakra Nusantara - Pusat Keunggulan serta web kami di www.smkpenerbangan.sch.id dan www.smkcakranusantara.com.

SMK Penerbangan Cakra Nusantara – SMK Pusat Keunggulan – Sekolah Penggerak 2021 Terakreditasi A (Unggul) saat ini membuka Penerimaan Perserta Didik Baru 2021 / 2022 yang dapat dihubungi pada nomor pendaftaran 03614742600 atau 081237098090 website www.ppdbsmkpenerbangan.com. SMK Penerbangan Cakra Nusantara terletak di Jalan Tukad Pakerisan No 25 Denpasar. Ayo BANGKIT dari keterpurukan bersama SMK PENERBANGAN CAKRA NUSANTARA SMK PUSAT KEUNGGULAN (CENTER OF EXCELLENCE) SEKOLAH PENGGERAK 2021. *

Komentar