nusabali

Izin Liga 1 dan Liga 2 Terancam Imbas Kerumunan

  • www.nusabali.com-izin-liga-1-dan-liga-2-terancam-imbas-kerumunan

JAKARTA, NusaBali
Pesta kerumunan, usai Piala Menpora membuat izin Polri untuk gelaran Liga 1 dan Liga 2 2021 belum kunjung keluar.

Padahal Piala Menpora berjalan relatif aman saat digulirkan pada 21 Maret-25 April. Namun insiden besar setelah laga final leg kedua antara Persija Jakarta melawan Persib Bandung mengancam izin tersebut keluar. Pasalnya, masing-masing kubu suporter membuat kerumunan di Jakarta dan Bandung.

Meski terjadi di luar turnamen, Polri memberikan perhatian serius terhadap terciptanya kerumunan dari pihak suporter Persija dan Persib. Setidaknya ada yang dijadikan tersangka dari kubu suporter Persija. Apalagi hampir satu bulan berlalu setelah kerumunan itu, izin Polri buat kompetisi Liga 1 dan Liga 2 sampai kini belum turun juga.

"Saya harapkan soal (kerumunan) suporter tidak ada pengaruhnya ke izin. Kita harus menghargai juga, pihak kepolisian sedang fokus dengan situasi Idul Fitri," kata Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) Akhmad Hadian Lukita kepada detikSport.

"Polri fokus agar tidak terjadi lonjakan COVID-19, tapi saya optimistis bahwa izin hanya soal menunggu waktu saja," ujar Lukita

Adapun fokus PT LIB saat ini adalah menyiapkan protokol kesehatan yang akan diterapkan di kompetisi mendatang. Apa yang menjadi standar di Piala Menpora akan ditingkatkan lagi untuk meyakinkan Polri.

Sebelum libur lebaran, PT LIB sudah sempat beberapa kali menemui kepolisian untuk mengurus perizinan kompetisi. Saat ini operator kompetisi menunggu pertemuan selanjutnya.

"Kami sedang mematangkan rencana pelaksanaan Liga 1 dan Liga 2, sambil menunggu arahan selanjutnya dari pemerintah melalui Kemenpora, Kemenkes dan Satgas Covid19, serta kepolisian. Mungkin dalam waktu dekat ada undangan rapat koordinasi dari institusi-institusi tersebut," ucap Lukita.*

Komentar