nusabali

UMKM Didorong Bersaing di Pasar Global

  • www.nusabali.com-umkm-didorong-bersaing-di-pasar-global

Jokowi minta produk UMKM ditempatkan di etalase terdepan pusat perbelanjaan

JAKARTA, NusaBali

Presiden Joko Widodo ingin UMKM lokal naik kelas. Dia mengatakan produk lokal UMKM harus bisa menguasai pasar dalam negeri. Bukan cuma berjaya di dalam negeri, Jokowi juga ingin produk lokal UMKM bisa berkompetisi di pasar global.

"Kita ingin mengisi momentum kebangkitan nasional dengan mempercepat kebangkitan produk buatan Indonesia. Kebangkitan UMKM kita yang mampu hasilkan produk kualitas tinggi dan kuasai pasar dalam negeri, lebih kompetitif di pasar global, dan UMKM naik kelas," ungkap Jokowi saat membuka Puncak Festival Joglosemar, seperti dilansir detikcom, Kamis (20/5).

Jokowi melanjutkan pemerintah sudah membuat Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia untuk mendorong UMKM naik kelas. Salah satunya dengan cara mendorong UMKM on boarding menuju pasar online ke marketplace e-commerce.

"Kita mau UMKM yang on boarding ke e-commerce makin signifikan," ungkap Jokowi. Jokowi mengatakan kenaikan UMKM ke pasar online juga akan berdampak pada pergerakan ekonomi secara offline. Pasalnya, unit UMKM tersebar di seluruh pelosok tanah air.

Di sisi lain, jenis usaha dan produknya juga beragam. Kemudian, produksinya melibatkan banyak tenaga kerja, sehingga bisa menciptakan lapangan kerja.

"Peningkatan e-commerce akan berdampak juga pasti ke pergerakan ekonomi offline. Perputaran ekonomi bergerak dari bawah, bergerak dari pinggiran, dari berbagai pelosok Indonesia, merata dsn berkeadilan," ungkap Jokowi.

Ekosistem usaha UMKM, menurut Jokowi, juga terus diberikan kemudahan. Salah satunya dengan adanya UU Cipta Kerja yang memangkas regulasi rumit buat UMKM.

"Saya ingatkan jajaran kabinet dan kepala daerah, untuk memastikan eksekusinya, mengawal implementasinya ini sangat penting, sehingga dirasakan manfaatnya kepada UMKM," titah Jokowi.

Reformasi struktural yang dilakukan melalui UU Cipta Kerja bukan cuma pada bagian perizinan. Lebih jauh, Jokowi ingin adanya reformasi akses pembiayaan hingga akses pasar.

"Akses pembiayaan telah dan akan dipermudah, akses pasar juga harus dibuka seluas-luasnya. Pendampingan UMKM, branding, packaging, dan marketing dilanjutkan. Perlindungan UMKM harus diperkuat," ungkap Jokowi.

Dia juga meminta produk lokal UMKM bisa diberikan tempat terbaik, sehingga pelaku UMKM bisa memperkenalkan dan memasarkan produknya dengan mudah.

"Tempatkan di etalase terdepan di pusat perbelanjaan. Produk UMKM harus lebih banyak isi airport bandara, rest area, tempat wisata, dan tempat strategis lainnya," ungkap Jokowi.

"Siapkan juga banyak event virtual yang menarik, agar produk UMKM kita dikenal dan diminati agar masyarakat makin cinta dan bangga akan produk Indonesia," lanjutnya. *

Komentar