nusabali

Cegah Penyelundup, Polsek Negara Atensi Kawasan Pesisir

  • www.nusabali.com-cegah-penyelundup-polsek-negara-atensi-kawasan-pesisir

NEGARA, NusaBali
Ditengah pengetatan arus balik pasca libur Hari Raya Idul Fitri, jajaran Polsek Kota Negara peningkatan pengawasan di sejumlah kawasan pesisir.

Ditingkatnya pengawasan ke wilayah pesisir ini, menjadi salah satu upaya mengantisipasi adanya penyelundupan barang-barang terlarang ataupun pendatang ke Bali yang berusaha menghindari pemeriksaan di Pelabuhan Gilimanuk.

Seperti dilaksanakan pada Rabu (19/5) siang. Kapolsek Negara, AKP I Gusti Made Sudarma Putra, didampingi Waka Polsek Negara, AKP H Eddy Waluyo, beserta Bhabinkamtibmas Desa Pengambengan, turun melaksanakan pemantauan di sejumlah tempat pendaratan perahu nelayan di sekitar pesisir pantai Pengambengan, Desa Pengambengan, Kecamatan Negara.

Dalam patroli ke kawasan pesisir ini, Kapolsek AKP Sudarma Putra juga sempat menyampaikan pesan-pesan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) kepada beberapa nelayan yang kebetulan beraktivitas di pesisir sekitar. Para nelayan ini, diharapkan bersama-sama meningkatkan pengawasan untuk menjaga keamanan di wilayah setempat. Jika menemukan orang yang mencurigakan, diharapkan segera melaporkan kepada Bhabinkamtibmas ataupun ke pos polisi terdekat.    

Kapolsek AKP Sudarma Putra mengatakan, di masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung saat ini, dirinya meminta para Bhabinkamtibmas untuk meningkatkan pengawasan ‘jalur tikus’. Salah satunya, adalah pelabuhan-pelabuhan tradisional yang bisa dijadikan tempat menyelundupkan pendatang tanpa melengkapi syarat pelaku perjalanan. “Kalau ditemukan orang mencurigakan, agar dicek betul kelengkapan identitasnya. Apalagi kalau pendatang yang sebelumnya mudik ke luar daerah, diharuskan membawa surat keterangan negatif Covid-19,” ujarnya.

Kepada para Bhabinkamtibmas, Kapolsek AKP Sudarma Putra juga berpesan agar selalu menjalin koordinasi bersama Perbekel/Lurah dan Babinsa untuk menjaga keamanan di wilayah masing-masing. Begitu juga koordinasi dengan para kelompok-kelompok nelayan yang lebih paham dengan situasi di pesisir. “Dari pemantauan sementara, situasi masih aman. Tetapi kita harapkan semua pihak tetap saling menjaga,” ucap mantan Kasat Reskrim Polres Jembrana ini. *ode

Komentar