nusabali

Pemkab Klungkung Uji Coba Anak KK Miskin Kerja di Pertamanan

  • www.nusabali.com-pemkab-klungkung-uji-coba-anak-kk-miskin-kerja-di-pertamanan

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung, atas gagasan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, mulai mengujicoba dengan mempekerjakan anak KK miskin.

Anak dimaksud, Ida Bagus Putu Sura, salah seorang anak warga miskin di Desa Tusan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Ida Ayu Candrawati, dipekerjakan di bidang pertamanan. Oleh Bupati Suwirta, anak itu diujicoba bekerja selama sebulan sebagai petugas kebersihan di pertamanan rest area perbatasan Kabupaten Klungkung – Gianyar, Desa Tusan. Didampingi Perbekel Desa Tusan I Dewa Gede Putra Bali, Bupati Suwirta memantau kinerja petugas kebersihan di rest area perbatasan Klungkung - Gianyar, Desa Tusan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Selasa (18/5) sore.

Lebih khusus lagi, Bupati memantau kinerja petugas kebersihan (tenaga harian) bernama Ida Bagus Putu Sura Nadi, anak dari Ida Ayu Oka Candrawati. Ida Ayu ini beberapa hari lalu mendapatkan bantuan dapur, rehab rumah dan rehab pagar depan rumah dari Bupati Suwirta. Dalam masa uji coba ini, upah kerja Ida Bagus Putu Sura Nadai, akan dibayar langsung oleh Bupati Suwirta.

"Saya akan mencoba memotivasi keluarga Ida Ayu Oka Candrawati agar dapat keluar dari KK miskin," ujar Bupati Suwirta, saat ditemui Rabu (19/5).

Bupati Suwirta berpesan kepada perangkat desa agar proaktif berkoordinasi dengan instansi terkait. Koordinasi mengenai pemberdayaan masyarakat yang tergolong KK miskin. Terutama KK miskin tidak permanen pada setiap desa di Kabupaten Klungkung.

Bupati Suwirta menambahkan Pemkab Klungkung dalam upaya mengentaskan kemiskinan, sudah memiliki beberapa inovasi. Di antaranya, memberangkatkan anak KK miskin untuk kerja di kapal pesiar. Program ini akan efektif setelah pandemi Covid-19 nanti. Ada juga program hidroponik masuk KK miskin, dan inovasi lain. "Konsep kami membantu KK miskin yakni berikan kail, bukan ikan," kata Bupati Suwirta. *wan

Komentar