nusabali

Tiba di Dubai, Timnas Indonesia Latihan di Pantai

  • www.nusabali.com-tiba-di-dubai-timnas-indonesia-latihan-di-pantai

DUBAI, NusaBali
Timnas Indonesia langsung menggelar latihan di pantai tak lama setelah tiba di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Senin (17/5).

Rizky Ridho Cs jalani latihan ringan. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memerintahkan pemanasan dan senam ringan guna melemaskan kembali otot-otot yang kaku.

Sebelumnya, skuad Timnas Indonesia menghabiskan delapan jam berada di pesawat dalam perjalanan dari Jakarta menuju Dubai. Latihan kemudian berlanjut tepat di tepi pantai. Mereka berlari menyusuri tepi pantai beberapa kali, bolak balik dari titik satu ke titik berikutnya sejauh kurang lebih satu kilometer.

Materi latihan dengan bola juga turut dilakukan. Para pemain Timnas Indonesia diminta melakukan tendangan dan sundulan dalam kesempatan itu. Para pemain diminta melakukan tendangan voli, setengah voli, tendangan gunting, dan setengah salto. Sementara untuk sundulan, Shin meminta pemain untuk melakukan diving header.

Pemain dibagi menjadi tiga tim terpisah untuk menguji barisan para kiper. Tiga kiper yakni Nadeo Argawinata, Adi Satryo dan Aqil Savik, diminta oleh Shin meminta untuk menghalau sebanyak mungkin. Tim yang kalah, wajib berjalan merangkak dengan teman di belakangnya memegang kedua kakinya.

Atau bersedia menggendong temannya dari tim yang kalah. "Menu latihan ini memang mengenai pemulihan fisik dari para pemain usai beberapa jam berada di pesawat dari malam hingga pagi. Pagi mereka sarapan dan istirahat di Hotel, dan sorenya kami gelar latihan ringan," kata Shin Tae-yong di laman federasi.

"Kemudian mungkin di beberapa pertandingan nanti ada momen-momen dimana harus melakukan tendangan salto atau tendangan dengan menggunakan teknik serta sundulan, itu yang dilakukan pada latihan sore ini," ujarnya menjelaskan. Shin Tae-yong tak mau terburu-buru menggembleng para pemainnya.

Ia mau memberikan kesempatan kepada para penggawa Timnas Indonesia untuk menikmati suasana terlebih dahulu. Intensitas latihan akan ditingkatkan secara bertahap. Timnas Indonesia masih punya waktu lebih dari sepekan sebelum memainkan uji coba melawan Afghanistan pada 25 Mei mendatang.

"Latihan sekarang hanya sebatas bagaimana para pemain bisa beradaptasi dengan cuaca dan lingkungan sekitarnya. Dengan berfokus pada pemulihan stamina dari pemain itu sendiri usai melakukan perjalanan panjang yang melelahkan dari Jakarta ke sini dan pemain harus lebih rileks saja," tutur Shin Tae-yong. *

Komentar