nusabali

Yayasan Gajah Wahana Dirikan SMK di Sidemen

  • www.nusabali.com-yayasan-gajah-wahana-dirikan-smk-di-sidemen

AMLAPURA, NusaBali
Yayasan Pendidikan Gajah Wahana mendirikan SMK Nusa Dua Sidemen di Banjar Kebon, Desa Telaga Tawang, Kecamatan Sidemen, Karangasem.

Rencananya, fasilitas belajar pinjam di SMAN Sidemen. Jika pandemi Covid-19 berakhir, para siswa belajar mulai siang sepulang siswa SMAN Sidemen.

Pendiri SMK Nusa Dua Tjok Sutedja bersama Kasek SMK Nusa Dua Sidemen Tjok Widarsa mengungkapkan, pertimbangan utama mendirikan SMK Nusa Dua Sidemen karena di Kecamatan Sidemen belum ada SMK. Tahun ajaran baru 2021/2022 membuka dua program keahlian yakni perhotelan dan tata boga. “Target tahun ajaran baru nanti mencari tiga kelas, tenaga guru telah siap mendukung, tinggal menunggu kelar izin operasional,” kata Tjok Sutedja, Senin (17/5).

Para siswa nanti hanya dibebani uang SPP Rp 100.000 per bulan, tidak ada biaya pendaftaran dan biaya gedung. Fasilitas yang telah tersedia yakni ruang kelas, ruang praktek front office, praktek room, praktek linen dan laundry, dan lainnya. SMK Nusa Dua di bawah Yayasan Pendidikan Gajah Wahana. Yayasan telah membangun sekolah di sejumlah daerah di Bali, khusus untuk di Karangasem telah lama beroperasi SMK Nusa Dua Toya Anyar di Kecamatan Kubu.

Kasek SMK Nusa Dua Sidemen Tjok Widarsa mengatakan, lulusan SMK Nusa Dua Sidemen nantinya siap kerja karena didukung guru professional. Para siswa training di hotel dan restoran berbintang. Lulusannya nanti telah melalui uji kompetensi sehingga siswa dapat sertifikat lulus uji kompetensi dan lulus akademik. Suasana belajar nyaman dan rindang, lokasinya di tengah sawah yang strategis, terbebas dari polusi. “Praktek lapangan nantinya di sejumlah hotel berbintang di Nusa Dua. Praktek yang dekat di sejumlah vila di Kecamatan Sidemen,” kata Tjok Widarsa. *k16

Komentar