nusabali

Di Klungkung, Vaksinasi Dosis 2 Baru 14,39 Persen

  • www.nusabali.com-di-klungkung-vaksinasi-dosis-2-baru-1439-persen

SEMARAPURA, NusaBali
Dinas Kesehatan (Diskes) Klungkung kini menggencarkan vaksinasi anti Covid-19 di Klungkung.

Diskes menargetkan total sasaran vaksinasi di wilayah ini 151.788 orang. Namun sasaran sudah divaksinasi dosis 1 baru mencapai 49.918 orang, dan divaksinasi dosis 2 hanya 21.841 orang.

"Kami tengah gencarkan vaksinasi. Hingga Minggu (16/5), baru 32,89 persen sasaran yang sudah divaksin. Vaksinasi dosis kedua baru mencapai 14,39 persen," ujar Kepala Diskes Klungkung dr Ni Made Adi Swapatni, saat dihubungi Senin (17/5).

Adi Swapatni mengatakan, vaksinasi tersebut bersifat linier. Artinya, jika sararan vaksinasi dosis I menggunakan vaksin Sinovac, maka vaksinasi kedua juga harus Sinovac. Jika vaksinasi dosis I menggunakan vaksin Astra Saneca,  maka vaksin dosis kedua menggunakan vaksin yang sama.

Vaksinasi untuk warga umum ini digelar di beberapa lokasi. Diantaranya, GOR Swecapura di Desa Gelgel dan  Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Kecamatan Klungkung. Vaksinasi juga di masing-masing Puskesmas.

Terkait penarikan vaksin jenis Astra Zeneca berkode CTMAV547 oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk pengujian toksisitas dan sterilitas, papar Adi Swapatni, untuk di Bali sesuai dengan koordinasi Dinas Kesehatan Provinsi Bali, tidak ada vaksin Astra Zeneca berkode CTMAV547 tersebut. "Tidak ada, aman untuk di Bali," katanya.

Dia mengaku, jajaran Diskes sudah berkoordinasi dengan camat, perbekel, RS dan pihak terkait lain, mengenai keamanan jenis vaksin yang dipakai. Dengan itu, masyarakat tidak resah. Kendala vaksinasi selama ini, antara lain, ada beberapa warga sasaran tak hadir ke lokasi vaksinasi. Ada juga sasaran tunda divaksin karena kondisinya kurang bagus. Vaksinasi juga dikoordinasikan  ke kepala dusun untuk menyampaikan kepada masyarakat terkait jadwal vaksin. *wan

Komentar