nusabali

Tiga Hari, Kunjungan ke Pantai Pandawa Tembus 6.545 Orang

Pergerakan Wisatawan Saat Liburan Hari Raya Idul Fitri

  • www.nusabali.com-tiga-hari-kunjungan-ke-pantai-pandawa-tembus-6545-orang

MANGUPURA, NusaBali
Objek wisata Pantai Pandawa diserbu wisatawan saat libur Hari Raya Idul Fitri tahun 2021.

Tercatat selama tiga hari libur lebaran, objek wisata yang terletak di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Badung itu mencatatkan kunjungan mencapai 6.545 orang.

Manager Pengelola Obyek Wisata Pantai Pandawa I Wayan Letra, mengatakan lonjakan kunjungan tersebut terjadi selama tiga hari, yakni dari 13-15 Mei 2021. Untuk rinciannya 13 Mei 2021, tercatat 1.621 pengujung. Sementara pada 14 Mei 2021 sebanyak 2.509 pengunjung, dan pada 15 Mei 2021 sebanyak 2.415 pengujung. Sehingga total dalam tiga hari itu mencapai 6.545 pengujung. “Ribuan pengunjung itu dari wisatawan domestik dan juga mancanegara. Namun, yang dominant wisatawan domestik,” kata Letra, Senin (17/5) sore.

Dijelaskan, lonjakan wisatawan yang berkunjung ke Pantai Pandawa disebabkan adanya larangan mudik oleh pemerintah pusat. Sehingga, banyak masyarakat yang batal mudik dan memilih berlibur ke Pantai Pandawa. “Faktor utama lonjakan itu karena larangan mudik. Jadi banyak yang wisatawan datang. Padahal, biasanya rata-rata di hari biasa itu hanya sekitar 300-400 pengunjung saja,” jelas Letra.

Untuk ribuan wisatawan yang datang ke Pantai Pandawa selama tiga hari itu datang menggunakan kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Kendaraan rodan dua tercatat 1.356 kendaraan yang masuk ke kawasan Pantai Pandawa, sedangkan kendaraan roda empat sebanyak 916 kendaraan. Ada juga rombongan pengunjun yang menggunakan bus. “Kalau kendaraan yang kami catat itu akumulasi selama tiga hari, baik roda dua, roda empat dan bus. Untuk rata-rata kendaraan dari 500 hingga 800 kendaraan per hari,” ungkap Letra.

Menurutnya, di tengah lonjakan pengunjung, pengelola tak lupa menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Seluruh petugas di objek wisata Pantai Pandawa dikerahkan untuk memantau setiap pergerakan wisatawan. Bahkan, terus menginformasikan kepada setiap pengunjung untuk tetap menjaga jarak selama berada di Pantai Pandawa.

“Upaya yang kami lakukan mengawasi setiap wisatawan dengan ketat. Kami sudah wanti-wanti di pintu masuk dengan mengecek suhu, menyuruh cuci tangan serta menginformasikan jaga jarak aman. Tim kami juga melakukan patroli untuk mengingatkan wisatawan,” tegas Letra. *dar

Komentar