nusabali

Perjalanan Karir Hendi Prio Santoso Hingga Menjadi Dirut SIG

  • www.nusabali.com-perjalanan-karir-hendi-prio-santoso-hingga-menjadi-dirut-sig

JAKARTA, NusaBali.com
Banyak orang yang tahu jika PT Semen Indonesia, Tbk (SIG) mengukir banyak prestasi untuk Indonesia.

Baik melalui perannya dalam pembangunan secara langsung, maupun peran lain melalui program-program luar biasa yang diusungnya. Semua prestasi tersebut tidak lepas dari sosok pria bernama Hendi Prio Santoso.

Dalam dunia bisnis, namanya tidaklah asing lagi dan menjadi perbincangan terkait prestasi-prestasi yang pernah dicapainya. Sehingga tidak heran jika Direktur Utama di SIG sudah dijabatnya dua periode sejak tahun 2017 lalu. Hal ini menimbulkan banyak rasa penasaran akan kiprahnya di dunia bisnis. 

Banyak orang di luar sana yang bisa asal klaim seperti apa pencapaian yang sudah digapai. Akan tetapi, tidak banyak yang bisa mendapat posisi dan kepercayaan layaknya seorang Hendi Prio Santoso saat ini. Lalu, seperti apa perjalanan karirnya hingga berhasil menyabet kategori The Best CEO pada BIA 2020 lalu? Mari simak selengkapnya. 

9 Tangga Karir Hendi Prio Santoso yang Luar Biasa

Semua itu tidaklah kerja instan, ada banyak tangga yang dilaluinya sehingga bisa seperti sekarang dan menjadi pimpinan utama SIG. Misalnya saja, 5 titik karir berikut ini yang membuat pria kelahiran Jakarta ini layak memimpin SIG. 

1. Pada tahun 1990-1991, Hendi Prio Santoso memulai karir di Bank Niaga. Saat itu usianya baru 23 tahun. Muda, lulusan sekolah bisnis terbaik dan penuh dedikasi tinggi. 

2. Tahun 1991 pindah ke Citibank NA hingga tahun 1996. Di sini, namanya mulai bersinar dan dikenal banyak kalangan sebagai sosok pebisnis handal. Hingga di rentang tahun ini dirinya ditunjuk jadi Vice President di PT. Perdana Multi Finance. Bukankah ini hal yang luar biasa, mengingat usianya masih 24 tahun dan bisa memegang tampuk kepemimpinan seperti itu. 

3. Tahun 1996 – 1998, sosoknya yang powerful semakin diburu untuk memimpin perusahaan. Sehingga pada tahun ini, menjabat sebagai Direktur Pengembangan dari PT. Perdana Inti Investama.

4. Tidak berhenti disitu saja, pada tahun 1998 – 2001 dirinya berhasil menjadi Associate Director PT. Bahana Securities.

5. Berlanjut di tahun 2001 – 2004, pria lulusan bachelor di University of Houston untuk bidang Business Administration ini menduduki jabatan Direktur PT. Anugra Cipta Investama.

6. Di sektor swasta, namanya pun dikenal banyak orang. Sehingga tidak heran jika pada tahun 2004-2007 berhasil menjabat sebagai Direktur Investment Banking di PT JP Morgan Securities Indonesia. 

7. Pria yang melanjutkan pendidikan masternya di University of Texas ini ternyata sejak 31 Mei 2007 juga menduduki jabatan sebagai Direktur Keuangan di PT. JP Morgan Securities Indonesia.

8. Namanya kembali mencuat dan mencuri banyak perhatian karena saat menjabat sebagai Direktur Utama di PGAS atau PT Perusahaan Gas Negara Persero, Tbk pada tahun 2008-2017. Di sini, dirinya berhasil mencatat laba bersih senilai 5, 93 triliun rupiah di tahun 2011. 

9. Kini, peraih The Best CEO untuk kategori CEO BUMN Public Company Non Financial Sector ini menjabat sebagai Direktur Utama PT Semen Indonesia, Tbk (SIG) hingga nanti 2022. 

Menarik sekali bukan, perjalanan karir Hendi Prio Santoso tersebut. Bukan hal yang mudah untuk memimpin perusahaan hingga terus tumbuh dengan baik meski kondisi pandemi. Buktinya, di kondisi tersebut pertumbuhan saham SIG membaik. Semua itu tidak lepas dari peran aktif pria berusia 54 tahun tersebut.*

Komentar