nusabali

Buleleng Optimistis Ekonomi Segera Pulih

Sektor Pertanian Masih Begerak

  • www.nusabali.com-buleleng-optimistis-ekonomi-segera-pulih

SINGARAJA, NusaBali
Pemerintah Kabupaten Buleleng optimistis kondisi pertumbuhan ekonomi segera pulih pada tahun 2021 ini.

Meskipun tahun 2020 lalu, mengalami kontraksi cukup dalam. Namun perekonomian diklaim mulai menunjukkan pergerakan yang ditopang oleh sektor pertanian sebagai satu-satunya sektor yang masih bertahan pada masa pandemi ini.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Buleleng, Gede Gunawan Adnyana Putra, Minggu (16/5) kemarin menjelaskan, mengacu data Bappeda Buleleng, sejak tahun 2015 laju pertumbuhan ekonomi Buleleng selalu positif. Bahkan tak pernah lebih rendah dari angka 5,4 persen. Laju pertumbuhan ekonomi tertinggi terjadi pada tahun 2015 lalu, dengan angka 6,12 persen.

Lalu pada masa pandemi menyebabkan pertumbuhan ekonomi melorot. Laju pertumbuhan ekonomi Buleleng tercatat minus 5,76 persen. Lebih baik dari laju pertumbuhan ekonomi Bali yang mengalami minus 9,31 persen. “Jika mengacu pada proyeksi teknokratis, perekomonian Buleleng akan kembali pulih tahun ini, dengan perkiraan tumbuh sampai positif 2,89 persen.

Pertumbuhan ekonomi itu disebutnya akan digerakkan oleh sektor pertanian, kehutanan dan perikanan. Sektor ini memberikan kontribusi sebesar 22,28 persen dalam Pendapatan Demestik Regional Bruto (PDRB). Mantan Kadis Perhubungan ini mengaku optimistis dengan sektor-sektor yang masih menunjukkan pergerakan.

Sedangakn dari sektor pariwisata setahun lebih belum memberikan kontribusi yang berarti. Gunawan mengatakan, sektor pariwisata di Buleleng menempati peringkat kedua yang menyumbang PDRB. Hanya saja pada masa pandemi yang sudah terjadi setahun lebih membuat sektor pariwisata baik penyedia akomodasi, makanan dan minuman mengalami keterpurukan yang mendalam.

Sektor pariwisata diperkirakan baru pulih pada tahun 2022 mendatang. Yang diawali rencana Provinsi Bali membuka sektor pariwisata pada Juni tahun ini. “Mudah-mudahan setelah dibuka kran pariwisata Bali Juni ini mulai ada pergerakan. Kita tetap optimis secara umum pertumbuhan ekonomi bergerak positif tahun ini,” kata dia. *k23

Komentar