nusabali

Wujudkan Masyarakat Sehat, Jembrana Launching JKJ Plus

Didukung 10 Armada Ambulans, Kemarin JKJ Plus Diresmikan Ketua MPR

  • www.nusabali.com-wujudkan-masyarakat-sehat-jembrana-launching-jkj-plus

NEGARA, NusaBali
Pemkab Jembrana luncurkan program ‘Jembrana Kembali Jaya (JKJ) Plus’, sebagai upaya untuk mewujudkan masyarakat Jembrana yang bahagia dan sehat.

Program JKJ Plus ini dilaunching di areal parkir Kebun Raya Jagatnatha Jembrana pada Radite Paing Pahang, Minggu (16/5) siang, ditandai pemotongan pita oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Dalam acara launching JKJ Plus, Minggu siang pukul 14.30 Wita, Ketua MPR Bambang Soesatyo didampingi Bupati Jembrana I Nengah Tamba dan Wakil Bupati I Gede Ngurah Patriana Krisna. Bupati Nengah Tamba menyebutkan, JKJ Plus ini merupakan program di bidang kesehatan dengan tujuan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Sedangkan nilai plusnya berupa layanan home care, emergency medical service, dan aplikasi med care untuk konsultasi kesehatan secara online. “Jadi, JKJ Plus ini tujuannya semata-mata mendekatkan pelayanan. Pemerintah daerah akan menempatkan dokter di desa-desa yang selama ini jauh dari pelayanan kesehatan. Secara rutin mereka juga ditugasi melayani kesehatan orang-orang suci, seperti sulinggih, kyai haji, pendeta, dan biksu di kediamannya masing-masing,” ujar Bupati Nengah Tamba.

Menurut Bupati Tamba, pendekatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat ini juga akan didukung oleh aplikasi mobile ‘Med Care’, berupa layanan konsultasi dengan tenaga medis. Tujuannya, untuk memudahkan ibu hamil atau masyarakat yang sedang mengalami gangguan kesehatan.

Secara teknis, program JKJ Plus ini didukung oleh tim dari Puskesmas dengan armada 10 mobil ambulance dan 1 mobil swab PCR RSUD Negara. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Jembrana, dr I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata, masing-masing tim juga lengkap dengan petugasnya, terdiri dari dokter, paramedis, analis, ahli gizi, dan tenaga kesehatan lainnya.

“Ini sesuai dengan visi Bupati dan Wakil Bupati Jembrana dalam 100 hari kepemimpinannya, mewujudkan program prioritas di bidang kesehatan. Melalui penerapan  visi pada poin Jana Kerti, mendekatkan pelayanan, khususnya bagi masyarakat yang belum mandiri untuk memperoleh layanan di fasilitas layanan kesehatan. Nantinya, secara rutin mereka akan dikunjungi,” terang Oka Parwata.

Selanjutnya, kata Oka Parwata, tim dari masing masing Puskesmas itu tiap bulannya akan dimonitor melalui pelaporan kegiatan. Demikian pula apa permasalahan dan bagaimana upaya agar secepatnya dicarikan solusi untuk penyempurnaan program JKJ Plus ini.

Sementara itu, Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengapresiasi langkah Pemkab Jembrana di bawah Bupati Tamba meluncurkan program JKJ Plus. Menurut Bamsoet, sudah kewajiban pemerintah memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, khususnya di sektor kesehatan.

“Selamat atas diluncurkannya program JKJ Plus ini. Semoga bermanfaat dan memudahkan warga Jembrana dalam mengakses pelayanan kesehatan," tandas politisi Golkar yang notabene mantan Ketua DPR RI ini.

Kepada Bupati Tamba, Bamsoet juga titip pesan untuk fokus soal penanganan Covid-19. Dengan realisasi vaksinasi yang sudah mencapai 2 juta penduduk di Bali, Bamsoet optimistis persebaran virus Covid-19 bisa ditekan.

“Realisasi vaksinasi di Bali cukup tinggi. Demikian juga di Jembrana. Saya optimis dengan vaksinasi ditambah penerapan Prokes secara disiplin, pertengahan tahun 2021 ini Bali sudah siap kembali menerima wisatawan domestik maupun internasional,” terang Bamsoet. *ode

Komentar