nusabali

Badung Kembali Tunda Pembelajaran Tatap Muka

  • www.nusabali.com-badung-kembali-tunda-pembelajaran-tatap-muka

“Jadi kemungkinan Juli, tahun ajaran baru kita laksanakan pembelajaran tatap muka. Mengingat sekarang waktunya juga mepet dan siswa akan ujian,”

MANGUPURA, NusaBali

Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kabupaten Badung yang rencananya akan dimulai dari Kecamatan Petang nampaknya belum bisa terealisasi bulan Mei 2021 ini. Pasalnya, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Badung masih terus melakukan kajian dan memperhatikan kondisi di lapangan.

“Untuk PTM kami masih lakukan kajian dan memperhatikan kondisi,” terang Pelaksanaka Tugas (Plt) Kepala Disdikpora Badung, I Made Mandi, saat dikonfirmasi Minggu (16/5). Mandi menyebut, hingga saat ini guru di Kecamatan Petang masih menjalani proses vaksinasi dosis kedua. Biasanya, setelah menerima vaksinasi lengkap (dua kali dosis), antibodi baru akan terbentuk optimal selama 28 hari pasca vaksinasi dosis kedua.

Sehingga sesuai arahan pimpinan, setelah 28 hari baru bisa dilaksanakan. Mandi meyakini, hal ini juga yang menjadi pertimbangan sehingga kemungkinan Badung terutama Kecamatan Petang belum bisa memulai PTM bulan Mei.

“Vaksin ke-2 sedang jalan. Awalnya kan bulan Mei kita target selesai dan bisa mulai pembelajarannya. Namun sampai saat ini vaksinnya masih sedang berjalan. Karena gurunya juga banyak dan masih berproses vaksinasi, jadi kita juga harus bersabar,” jelas Mandi yang juga Sekretaris Disdikpora Badung ini.

Menurut Mandi, jika sudah optimal dan sudah siap betul, maka pembelajaran tatap muka akan segera dimulai. Namun demikian, pihaknya tetap terus berproses sembari berkoordinasi dengan pimpinan. Mendi menyebut, kemungkinan PTM dilaksanakan bulan Juli, atau mulai tahun ajaran baru 2021/2022. “Jadi kemungkinan Juli, tahun ajaran baru kita laksanakan pembelajaran tatap muka. Mengingat sekarang waktunya juga mepet dan siswa akan ujian,” kata Mandi.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Badung menargetkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kecamatan Petang bisa dimulai pada bulan Mei 2021. Segala persiapan, termasuk vaksinasi guru-guru terus dimatangkan. Hal tersebut terungkap dalam Rapat Satgas Covid-19 perihal Kesiapan Pembelajaran Tatap Muka di Kecamatan Petang yang dipimpin oleh Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa di Ruang Pertemuan Rumah Jabatan Wakil Bupati, Selasa (27/4).

Rencananya, setelah Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Petang ditargetkan mulai bulan Mei 2021, Disdikpora Badung juga memetakan wilayah yang masuk zona hijau untuk ancang-ancang pembukaan PTM di luar kecamatan Petang. Rencananya, PTM di luar Kecamatan Petang akan diujicoba bulan Juli 2021.

Menurut Mandi pada wawancara sebelumnya, PTM di Kecamatan Petang akan dijadikan percontohan sekaligus akan mengoreksi kekurangan dan kelemahan selama proses PTM berlangsung. Sebelum PTM dimulai, dipastikan terlebih dahulu para guru dan pegawai di lingkungan sekolah telah mendapatkan vaksinasi lengkap (dua kali dosis). *ind

Komentar