nusabali

Atensi Idul Fitri, SAR Patroli Laut di Selat Bali

  • www.nusabali.com-atensi-idul-fitri-sar-patroli-laut-di-selat-bali

NEGARA, NusaBali
Petugas Pos SAR (Search and Rescue) Kabupaten Jembrana menyiagakan posko di kawasan Teluk Gilimanuk, Kelurahan Glimanuik, Kecamatan Melaya, Jembrana.

Selain menyiagakan personel, Pos SAR juga merutinkan patroli laut di jalur lintasan penyeberangan Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur  - Gilimanuk, di perairan Selat Bali. Patroli terutama bertalian dengan masa angkutan Hari Raya Idul Fitri tahun 2021,

Patroli laut yang sempat digelar pada H-1 Idul Fitri, Rabu (12/5),  bertujuan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan di tengah laut. Khususnya terhadap aktivitas kapal-kapal di jalur penyeberangan Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk. Di samping itu, patroli laut ini sekalian mengantisipasi adanya pemudik yang berusaha lewat dengan menyewa perahu atau jukung.

Koordinator Pos SAR Jembrana Dewa Hendri Gunawan, Jumat (14/5), mengatakan, pos siaga SAR di Gilimanuk, rencannya tetap disiagakan hingga tanggal 17 Mei nanti. Mengikuti pelaksanaan Operasi Ketupat Agung. "Patroli laut kita gelar sewaktu-waktu. Kami lihat situasi langsung di laut, sambil mengantisipasi kemungkinan terjadi cuaca buruk," ujarnya.

Menurutnya, dari pemantauan beberapa hari ini, cuaca di perairan Selat Bali, khusunya wilayah Gilimanuk masih sangat bagus. Tidak ada gelombang tinggi ataupun angin yang berpotensi menganggu pelayaran. Begitu juga untuk aktivitas kapal penyeberangan tidak begitu padat. Mengingat pada Lebaran tahun ini, diberlakukan larangan mudik. Sebelumnya para pemudik pun diperkirakan sudah banyak kembali sebelum diberlakukannya larangan mudik pada 6 Mei lalu. *ode

Komentar