nusabali

Denpasar Dijatah 123 Formasi CPNS

Juga Terdapat 1.169 PPPK, Pendaftaran Akhir Mei Ini

  • www.nusabali.com-denpasar-dijatah-123-formasi-cpns

Total formasi CPNS 2021 yang diajukan sebanyak 675 lowongan, namun yang direalisasikan oleh pusat hanya sebanyak 123 formasi CPNS.

DENPASAR, NusaBali

Pemkot Denpasar kembali ajukan formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Denpasar tahun 2021. Sebanyak 675 formasi diajukan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI untuk dilakukan verifikasi kembali. Namun, Pemkot mendapatkan jatah sebanyak 123 lowongan CPNS.

Bukan hanya CPNS, Pemkot juga mendapat jatah Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 1.169 pegawai. Jumlah tersebut merupakan akumulasi keperluan pemenuhan CPNS dan PPPK tahun 2020 dan 2021 di Kota Denpasar.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Denpasar, I Wayan Sudiana saat dihubungi, Jumat (14/5) mengungkapkan, pengajuan formasi CPNS di Kota Denpasar tahun 2021 memang meningkat. Sebab di tahun 2020 karena kondisi pandemi Covid-19 (Virus Corona) pengajuan CPNS langsung dijadikan satu di tahun 2021. Sehingga, total formasi CPNS 2021 diajukan sebanyak 675 lowongan.

Tetapi menurut dia, yang direalisasikan oleh pusat hanya sebanyak 123 formasi CPNS. Formasi yang dicari, yakni jurusan ekonomi dan akuntansi mulai dari SMK, D3, hingga S1. Yang paling banyak membutuhkan pegawai saat ini pada bagian Inspektorat.

"Ada SMK juga masuk bagian hukum, itu juga hanya nyari satu orang saja yang paling banyak di Inspektorat sekitar 20 CPNS sisanya masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD)," ujarnya. Sudiana mengatakan, bukan hanya CPNS tetapi PPPK juga saat ini banyak dicari, yakni sebanyak 1.169 tenaga pengajar yang bisa dilamar oleh warga Denpasar yang memiliki kapasitas untuk menjadi tenaga pendidik. Jumlah tersebut sesuai dengan kebutuhan guru di Kota Denpasar saat ini khususnya untuk guru SD dan SMP yang kebanyakan kosong karena memasuki pensiun. Sehingga kebutuhan guru dipenuhi dengan PPPK.

Menurut Sudiana, saat ini formasi CPNS yang tidak dicari adalah tenaga kesehatan, sebab tenaga kesehatan sudah dipenuhi di tahun 2019 lalu. Pengajuan formasi tersebut kata dia, sesuai dengan arahan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).  “Kami ajukan CPNS ini sesuai arahan Kemenpan-RB. Karena di tahun 2020 tidak ada pengajuan akibat pandemi Covid-19, jadi kami ajukan sekaligus di tahun 2021. Sehingga jumlah pengajuan diakumulasi,” jelas Sudiana.

Menurut Sudiana, untuk pengumuman pendaftaran CPNS dan PPPK akan dimulai tanggal 30 Mei 2021, sedangkan pendaftaran sudah bisa dimulai tanggal 31 Mei 2021 sampai 20 Juni 2021. "Kalau testnya dimulai bulan Juli-September 2021. Tetapi tanggal testnya belum ditentukan," tandasnya. *mis

Komentar