nusabali

Ribuan Siswa SD-SMP Terima Beasiswa

  • www.nusabali.com-ribuan-siswa-sd-smp-terima-beasiswa

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, didampingi Kepala Dinas Pendidikan Klungkung I Ketut Sujana, menyerahkan beasiswa kepada 2.605 siswa SD dan SMP.

Acara tersebut digelar di Ruang Rapat Praja Mandala, Kantor Bupati Klungkung, Selasa (11/5), serangkaian peringatkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021.  Kepala Dinas Pendidikan Klungkung I Ketut Sujana mengatakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021 di Kabupaten Klungkung diisi dengan penyerahan beasiswa kepada anak-anak keluarga miskin. Beasiswa untuk SD untuk 2.092 siswa dengan nilai per orang per tahun Rp 500.000. Sedangkan beasiswa SMP 513 orang dengan nilai per orang per tahun Rp 600.000. "Beasiswa ini bersumber dari APBD tahun 2021, Rp1.353.800.000," ujar Sujana.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyatakan pendidikan menjadi fokus Pemkab Klungkung wujudkan merdeka belajar dengan memberikan beasiswa miskin. Bupati Suwirta menyarankan agar beasiswa yang diberikan kepada KK Miskin sesuai kebutuhan penerima beasiswa dan didata dengan sebaik-baiknya mengenai siapa yang berhak diberikan beasiswa.

Sesuai dengan dengan tema Hardiknas "Kita Mampu Serentak Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar untuk Menuju Klungkung yang Unggul dan Sejahtera dengan Spirit Gema Santi".

Selain itu, program merdeka belajar ini dilahirkan dari banyaknya keluhan di sistem pendidikan. Salah satunya keluhan soal banyaknya peserta didik yang dipatok oleh nilai-nilai tertentu dengan sistem pengajaran masih mengandalkan guru yang berceramah di depan kelas, sehingga sering menimbulkan kejenuhan. Tujuan merdeka belajar adalah agar para guru, peserta didik, serta orangtua bisa mendapat suasana bahagia. Bahagia buat guru, bahagia buat peserta didik dan bahagia buat orangtua. *wan

Komentar