nusabali

Buka Muskerkab PMI, Wabup Ipat Ajak PMI Bersinergi Tangani Covid-19

  • www.nusabali.com-buka-muskerkab-pmi-wabup-ipat-ajak-pmi-bersinergi-tangani-covid-19

NEGARA, NusaBali
Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jembrana menggelar Musyawarah Kerja Kabupaten (Muskerkab) di Gedung Kesenian Ir Soekarno, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Senin (10/5).

Saat membuka acara ini, Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna (Ipat) mengajak PMI bersinergi dalam menangani Covid-19. Panitia Pelaksana I Wayan Mulyanto menyampaikan, penyelenggaraan Mukerkab PMI Kabupaten Jembrana tahun 2021, untuk menguraikan kegiatan-kegiatan PMI Kabupaten Jembrana yang dituangkan dalam program-rogram kerja tahun 2021. Menyesuaikan pokok-pokok kebijakan dan strategis PMI. Musyawarah juga untuk memperjelas dan mempertegas arah organisasi sesuai dengan prioritas tujuan yang akan dicapai. Penerapan kaidah-kaidah manajemen sebuah organisasi PMI sesuai dengan visi dan misi yang diemban. ‘’Serta sebagai pedoman bagi pengurus dalam rangka pelaksanaan program dan pengambilan kebijakan organisasi,” ujarnya.

Ketua Pengurus PMI Provinsi Bali I Gusti Bagus Alit Putra, yang turut hadir dalam acara Mukerkab PMI Kabupaten Jembrana tersebut, berharap agar program yang disusun terdapat adanya sinergitas. Khususnya, sinergitas program antara PMI provinsi dengan kabupaten. "Dengan sinergitas tersebut, diharapkan pelaksanaan program-program PMI dapat dilaksanakan lebih efektif, efisien, dan tepat sasaran serta sesuai dengan kebutuhan,” ujarnya.

Berbicara mengenai organisasi PMI, kata Alit Putra, tentunya juga tidak lepas dengan keberadaan Unit Donor Darah (UDD). Harapannya, di tengah pemberlakuan era baru saat ini, UDD agar dapat terus melaksanakan peningkatan kegiatan donor. Di smping itu, juga penting meningkatan mutu dan keamanan darah, serta memberikan pelayanan darah yang lebih maksimal kepada masyarakat.

Wabup Ipat mengatakan, sebagai sebuah organisasi kemasyarakatan yang besar dan diakui dunia, dirinya berharap kepada semua pihak yang terlibat di PMI agar selalu bekerjasama dengan pemerintah. Sehingga program-program yang disusun melalui musyawarah dapat berjalan dengan baik, efektif dan efisien.

"Satu hal yang juga perlu diperhatikan adalah kemampuan dari internal PMI itu sendiri di dalam melibatkan instansi terkait di Jembrana. Terutama dalam mendukung program PMI ini,” ujarnya.

Menurut Wabup Ipat, kerjasama yang baik, juga diperlukan dalam suasana pandemi Covid-19 saat ini. Harapannya, PMI dapat membantu pemerintah dalam menangani pandemi maupun bencana alam yang terjadi. Dalam menjalankan tugas, PMI Jembrana diingatkan agar selalu berpedoman pada aturan-aturan yang ada  serta komitmen yang tinggi di dasari hati yang tulus ikhlas. "Tantangan ke depan PMI dituntut untuk terus meningkatkan kapasitasnya baik di bidang organisasi, manajemen, SDM dan sarana-prasarana menuju kondisi yang memadai. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Jembrana akan selalu berupaya mendukung program-program PMI,” ucapnya. *ode

Komentar