nusabali

Tabanan Rancang PTM Tahun Ajaran Baru 2021

  • www.nusabali.com-tabanan-rancang-ptm-tahun-ajaran-baru-2021

TABANAN, NusaBali
Dinas Pendidikan Tabanan tetap berencana akan menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) pada tahun ajaran baru, Juli 2021.

Rencana ini telah dipersiapkan matang, terutama mendata guru yang sudah divaksin Covid-19. ‘’Karena point penting untuk menggelar PTM pada masa pendemi ini, seluruh guru harus sudah divaksin lengkap,’’ jelas Kepala Dinas Pendidikan Tabanan I Nyoman Putra, Senin (10/5).

Dia mengaku sudah mengajukan kajian kepada Bupati Tabanan untuk menggelar PTM pada tahun ajaran baru nanti. Dari kajian itu, terpenting sekarang yakni mendata jumlah guru yang sudah divaksin. Pendataan dilakukan langsung oleh Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) untuk jenjang SD dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) untuk SMP.

Menurut Nyoman Putra, meskipun vaksinasi sudah menyasar para guru, rencana PTM tersebut tetap harus dengan hasil kajian. Kajian oleh Disdik wajib disampaikan kepada Bupati selaku Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 tingkat kabupaten. ‘’Dari kajian itu, Bupati akan menentukan kebijakan, apakah PTM ini nanti memungkinkan dilaksanakan  atau tidak,’’ jelasnya.

Skema PTM yang akan diterapkan, menurut Nyoman Putra, masih sama seperti pola sebelumnya. Antara lain, dari sisi jumlah anak yang ikut PTM dalam ruangan kelas. Secara spesifik PTM jenjang SMP dibatasi maksimal 18 siswa per kelas. Jengang SD maksimal 15 siswa per kelas, dan PAUD maksimal 5 orang per kelas. "Kebetulan materi SKB empat menteri yang terbaru, dari sisi juimlah anak per kelas PTM, tidak berubah. Intinya, pelaksanaan PTM pada dua bulan pertama bersifat transisi," tandas Nyoman Putra. *des

Komentar