nusabali

Lestya-Arda, Jegeg Bagus Klungkung 2021

  • www.nusabali.com-lestya-arda-jegeg-bagus-klungkung-2021

SEMARAPURA, NusaBali
Ni Kadek Lestya Adnya Suari, terpilih sebagai Jegeg Klungkung 2021 dari unsur mahasiswa, dan Gede Arda Wedana Prasetya sebagai Bagus Klungkung 2021, dari unsur sekaa teruna-teruni.

Mereka terpilih dalam grand final pemilihan Jegeg Bagus Klungkung (JBK) tahun 2021, di pelataran blok A Pasar Seni Semarapura, Minggu (9/5). Ada tujuh finalis berebut menjadi yang terbaik pada ajang itu.

Hadir, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Ny Ayu Suwirta, Wakil Ketua DPRD Klungkung Tjokorda Gede Agung, Kepala Dinas Pariwisata AA Gede Putra Wedana dan OPD terkait.

Sebagai Runner Up I Jegeg Putu Sintya Alyandi dan Runner Up I Bagus Kadek Indra Prawira Dinata. Runner Up II Jegeg Dewa Ayu Indah Lestari dan Runner Up II Bagus Made Fandy Darma Putra. Terpilih sebagai Bagus Entrepreneur Kadek Ari Anggara Putra. Lestya lolos sebagai Jegeg Klungkung tahun ini, berawal dari  keinginan untuk ikut serta dalam seleksi pemilihan JBK 2020. Namun JBK 2020 ditunda karena pandemi, sehingga dilanjutkan tahun 2021. Dia pun mengikuti rangkaian tes, termasuk membuat video promosi pariwisata Klungkung. Pemilihan saat itu hanya menetapkan 4 pasang finalis. Dia menduga, kecil harapan untuk dapat lolos menjadi finalis. Namun, tanpa diduga dia ternyata lolos menjadi salah satu finalis jegeg pada 4 besar. "Kami selaku finalis JBK tetap merancang dan melaksanakan beberapa program kerja, masing-masing finalis menjadi koordinator pada setiap program kerja secara bergiliran," ujar Lestya, Senin (10/5).

Salah satu program kerja yang dikoordinirnya yakni pembuatan video promosi pariwisata Nusa Penida ‘JBK Explore Klungkung Jilid II’. Grand final JBK 2020 akhirnya ditetapkan pada 9 Mei 2021. Tak terasa 1 tahun telah berlalu. Dia bersama-sama dengan finalis lainnya, saling bekerjasama, belajar bersama, sampai akhirnya berlatih bersama-sama untuk mempersiapkan grand final meskipun dalam waktu yang sangat singkat. "Pada saat grand final, saya dan teman-teman finalis lainnya berusaha tenang saat di panggung. Kami melakukan prosesi grand final sesuai latihan," kata Lestya.

Sebelum sesi tanya jawab, para finalis berlatih sedikit membahas beberapa materi bersama-sama. "Amat tak terpikirkan, pada saat diumumkan Jegeg Bagus Klungkung 2021, saya terpilih menjadi Jegeg Klungkung 2021," katanya.

Langkah kedepan, Lestya mengaku ingin memberikan kontribusi yang berguna bagi Klungkung. Dia bersama jajaran pemerintah khususnya pada bidang pariwisata, agar dapat mengembangkan pariwisata di Klungkung. "Harapannya  dengan adanya pemilihan JBK ini, semoga dapat membantu dan mendukung pengembangan dalam berbagai aspek di Kabupaten Klungkung terutama dalam bidang pariwisata," katanya.

Sedangkan, Gede Arda Wedana Prasetya mengatakan, meskipun dengan waktu yang singkat, para finalis semua tetap semangat, belajar bersama serta memantapkan hal-hal yang perlu disiapkan menjelang grand final. "Kami berusaha semaksimal untuk memberikan penampilan terbaik saat grand final. Namun sangat tak bisa dipercaya bahwa saat diumumkan, saya terpilih jadi Bagus Klungkung 2021," kata Arda.

Kedepan, sebagai Bagus Klungkung, dia ingin bersinergi bersama-sama dengan pemerintah khususnya Dinas Pariwisata, untuk kemajuan pariwisata di Klungkung. baik dalam kancah nasional maupun internasional. Dia bersama pemerintah ingin berkolaborasi dalam pengembangan pariwisata dengan memperhatikan konsep Sapta Pesona berlandasan Tri Hita Karana.

Pemilihan JBK 2021 sedikit berbeda dari JBK tahun sebelumnya. JBK tahun ini diisi pemilihan duta entrepreneur. Tiga aspek utama yang harus dimiliki calon JBK yakni smart (pintar), charming (pesona) dan hospitable (ramah). Para peserta juga dituntut untuk berinovasi dengan membuat program kerja, dengan harapan dapat mengisi ruang dan berpartisipasi pada pemerintah.

Bupati Suwirta dalam kesempatan itu menyampaikan, kedepan sosialisasi dan pemahaman tentang JBK agar lebih dioptimalkan untuk meningkatkan minat anak-anak muda di Klungkung mengikuti ajang ini. Bupati berharap JBK terpilih harus proaktif, baik lewat paguyuban atau organisasinya. Kedepan sejalan dengan program Pemkab Klungkung, entrepreneur masuk desa, para duta pariwisata maupun duta entrepreneur ini dapat bersama mendidik anak-anak muda dan ikut bersama-sama mempromosikan pariwisata di Klungkung. *wan

Komentar