nusabali

BPN Serahkan 400 Sertifikat Aset Pemkot Denpasar

  • www.nusabali.com-bpn-serahkan-400-sertifikat-aset-pemkot-denpasar

DENPASAR, NusaBali
Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Denpasar, menyerahkan 400 sertifikat lahan kepada Pemkot Denpasar di Graha Sewaka Dharma Lumintang, Denpasar, Senin (10/5).

Sertifikat tersebut merupakam aset milik Kota Denpasar. Dari ratusan sertifikat tersebut semuanya merupakan aset jalan.

Sertifikat tersebut diserahkan langsung Kepala BPN Kota Denpasar Ketut Ary Sucaya bersama Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Bali Rudi Rubijaya yang diterima langsung Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara didampingi Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede dan Pj Sekda Kota Denpasar I Made Toya.

Kepala BPN Kota Denpasar, Ketut Ary Sucaya mengatakan penyerahan sertifikat tersebut merupakan program BPN untuk mengadministrasikan aset-aset daerah dan memberi kepastian hukum tentang aset daerah. Selain memberikan kepastian hukum juga diharapkan dapat mencegah permasalahan pengelolaan tanah aset dan juga sebagai realisasi program pemerintah untuk mensertifikatkan seluruh bidang lahan yang ada.

Ary Sucaya mengungkapkan, BPN selain menyerahkan aset tanah, juga akan bekerjasama untuk mendata tanah kosong atau Tanah Pengganti Biaya Pembangunan (TPBP) yang dapat digunakan sebagai lahan pengelolaan sampah. Sebab, selama ini Kota Denpasar masih membutuhkan tempat-tempat pengelolaan sampah untuk diurai.

Sementara, Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara mengajak BPN untuk berkolaborasi menuntaskan permasalahan sampah di Kota Denpasar. Di mana Pemkot Denpasar saat ini tengah membutuhkan beberapa lahan di Desa atau Kelurahan untuk dijadikan lahan pengelolaan sampah berbasis sumber.

Dia berharap, kerjasama ini dapat memudahkan Pemkot untuk mendata lahan kosong yang ada di Kota Denpasar untuk dimanfaatkan dalam pengelolaan sampah dari hulu. Sehingga tidak semua sampah harus berakhir di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) Suwung. *mis

Komentar