nusabali

Basarnas Kerahkan Ratusan Personel Pantau Objek Wisata

  • www.nusabali.com-basarnas-kerahkan-ratusan-personel-pantau-objek-wisata

MANGUPURA, NusaBali
Dalam menyambut lonjakan wisatawan saat libur Hari Raya Idul Fitri 2021, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Denpasar, mengerahkan 114 personel.

Pengerahan ratusan personel ini untuk melakukan pemantauan di objek wisata yang ada di Pulau Dewata. Hanya saja, kali ini ada yang berbeda, yakni Basarnas tidak menyediakan posko khusus.

Kepala Basarnas Denpasar I Gede Darmada, mengatakan menyambut libur hari raya, tidak menyediakan posko khusus seperti yang dilakukan pada tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan adanya larangan mudik lebaran oleh pemerintah pusat, sehingga diperkirakan tidak ada pergerakan signifikan masyarakat yang datang berlibur ke Pulau Dewata. “Kalau posko tidak ada. Kami hanya lakukan patroli rutin di objek wisata saja. Jadi, tim yang disiagakan itu selalu memantau di titik yang ada pengujung,” kata Darmada, Senin (10/5) siang.

Dia mengatakan, meski tidak ada posko khusus, tetap mengerahkan kekuatan penuh, yakni 114 personel dari masing-masing Pos Pencarian, mulai dari kantor Basarnas Denpasar 55 personel, kantor SAR Karangasem, Pos SAR Jembrana, Pos SAR Buleleng sebanyak 12 personel, dan Unit Siaga Pencarian Nusa Penida sebayak 5 personel. “Seluruh personel yang disiagakan masing-masing Pos SAR ini melakukan patroli dan monitoring 24 jam dalam sehari. Khususnya di objek wisata yang banyak dikunjungi,” kata Darmada.

Meski adanya larangan mudik yang diperkirakan mengurangi tingkat kunjungan wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata, Darmada berharap masyarakat yang ada di Pulau Dewata tetap waspada dan mematuhi larangan saat berwisata khususnya di pantai. Hal ini mengingatkan kondisi saat ini dalam keadaan gelombang tinggi.

“Kami mengimbau agar masyarakat yang ke pantai salalu hati-hati saja. Karena, kondisi belakang ini arus pantai masih tinggi,” imbau Darmada. *dar

Komentar