nusabali

Wabup Ipat Tanam Bambu Petung

Wujudkan Visi Nangun Sad Kerthi Loka Jembrana

  • www.nusabali.com-wabup-ipat-tanam-bambu-petung

NEGARA, NusaBali
Pemkab Jembrana bersama pihak terkait kembali menanam bibit bambu Petung di wilayah Benel, Desa Manistutu, Kecamatan Melaya, Minggu (9/5).

Penanaman ini guna mewujudkan visi Nangun Sad Kerthi Loka Jembrana, terutama berkaitan dengan pelestarian alam.  Penanaman 200 bibit bambu Petung itu dihadiri Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna (Ipat). Penanaman diinisiasi oleh paguyuban Yayasan Seni Jegog Jembrana. Dalam acara itu, juga hadir Pj Sekda Jembrana I Nengah Ledang, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana I Wayan Sutama, Camat Melaya I Gede Oka Santika. Ratusan bibit bambu Petung yang ditanam bersama para para jajaran pengurus serta anggota paguyuban Yayasan Seni Jegog Jembrana ini, merupakan susulan dari total 2.000 bibit bantu petung bantuan CSR dari BPD Bali yang diserahkan bulan lalu.

Usai pelaksanaan aksi sosial itu, Wabup Ipat menyampaikan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai langkah  mengimplementasikan visi Nangun Sad Kerthi Loka Jembrana. Khususnya pada konsep wana kerthi. Penanaman bambu Petung bersama Yayasan Seni Jegog Jembrana ini, juga menjadi bagian mendukung pelestarian seni jegog. “Jadi harapannya ke depan, tanaman ini bisa menjadi bahan baku utama untuk kesenian jegog yang ada di Jembrana. Pada saat ini, kita masih mencari bahan baku itu di luar Kabupaten Jembrana. Jadi kedepannya, mudah-mudahan ini bisa bermanfaat untuk kesenian jegog yang hanya ada di Jembrana,” ujarnya.

Wabup Ipat menambahkan, penanaman pohon bambu ini,  tidak hanya untuk pelestarian seni jegog. Melainkan juga sebagai bentuk pelestarian kawasan hutan dan ekosistem bendungan Benel. “Kawasan yang ditanami pohon bambu ini merupakan akses utama menuju Pura Pagubugan. Tentu kawasan ini juga harus kita jaga dan rawat kelestariannya agar kedepannya anak cucu kita bisa menikmati,” ucapnya.

Sementara Ketua Yayasan Seni Jegog Jembrana, I Ketut Suarda menyampaikan, kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan penanaman pohon bambu sebelumnya yang dibantu Bank BPD Bali. Kegiatan penanaman pohon bambu ini, melibatkan masing-masing 2 orang perwakilan dari sekaa jegog yang ada di Jembrana. “Ke depan kami harapkan, penanaman pohon bambu ini untuk persediaan ke depan untuk peralatan jegog. Di samping itu juga untuk pelestarian hutan. Total bambu yang ditanam hari ini, ada 200 bibit,” ucapnya. *ode

Komentar